in ,

30 Calon Duta Bahasa Kalbar Ikuti UKBI

ukbi balai bahasa kalbar

teraju.id, Balai Bahasa – Sebanyak 30 pemuda-pemudi Kalimantan Barat yang menjadi peserta seleksi tahunan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Barat mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang dilaksanakan di Balai Bahasa Kalimantan Barat.

UKBI merupakan satu dari berbagai rangkaian seleksi yang mana peserta akan dinilai kemampuan bahasa Indonesia, daerah, dan asing serta bagaimana menempatkan bahasa-bahasa tersebut sesuai dengan ranah dan fungsinya.

“Duta-duta bahasa juga merupakan representasi pemuda(i) berprestasi yang mampu menunjukkan bakat sesuai minat seni yang digeluti disertai kepribadian yang baik. Kepribadian yg tercermin dalam sikap dan tutur kata yang baik membuat aura kecakapan muncul dengan sendirinya tanpa memandang tinggi badan atau paras wajah.” Ujar Syarifah Lubna, panitia pelaksana saat memberikan arahan kepada peserta.

Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah uji kemahiran (proficiency test) untuk mengukur kemahiran berbahasa seseorang dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik penutur Indonesia maupun penutur asing. Hasil UKBI dapat menjadi faktor pertimbangan dalam penerimaan atau pengangkatan pegawai di instansi pemerintah maupun swasta.

Tes UKBI adalah terbuka untuk umum. Bagi siapapun yang yang berminat untuk mengikuti dapat langsung mengunjungi kantor Balai Bahasa Kalimantan Barat di Jl. Jenderal Ahmad Yani Pontianak (samping Museum Kalbar).(Meiry)

Written by teraju

IMG 20180418 26410 1

Polemik Sampah Kota

MTs Negeri Mempawah Adakan Reuni Akbar

MTs Negeri Mempawah Adakan Reuni Akbar