in ,

Antisipasi Pohon Tumbang, Pangkas Pohon Condong

IMG 20171206 093448 821
Bidang Kontrol Vegetasi Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak memangkas pohon di malam hari, Selasa 5/12/17 sebagai mengantisipasi cuaca ekstrem.

teraju.id, Pontianak – Pekerjaan Umum Kota Pontianak mengambil langkah antisipasi akibat cuaca ekstrem belakangan ini. Pohon yang condong atau berisiko tumbang dipangkas. Pekerjaan pemangkasan pun dilakukan hingga tadi malam, Selasa, 5/12/17.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak sepanjang dua hari terakhir, 4-5/12/17 dimana bumi khatulistiwa dilanda angin kencang beserta hujan deras, sedikitnya 20 pohon roboh. Beberapa menimpa rumah warga. Untuk penanggulangannya, BPBD Kota Pontianak beserta para relawan siaga bencana telah bekerja membersihkan pohon yang tumbang dibantu pula Bidang Kontrol Vegetasi Dinas Pekerjaan Umum.

“Kami punya mesin chainsaw kecil-kecil. Mesin pemotong besar dimiliki Bidang Kontrol Vegetasi PU Kota sama Basarnas,” ungkap Kepala BPBD Kota Pontianak, Aswin Taufik.

Aswin mengimbau kepada warga untuk aktif pula membersihkan lingkungan dari resiko pohon tumbang. Caranya, dengan berkoordinasi bersama BPBD yang berkantor di kawasan Jalan Letjen Sutoyo, Kota Pontianak.

Foto udara dari BMKG terhadap pergerakan awan raksasa comolonimbus yang menyebabkan angin kencang disertai hujan untuk Kota Pontianak dan sekitarnya.
Foto udara dari BMKG terhadap pergerakan awan raksasa comolonimbus yang menyebabkan angin kencang disertai hujan untuk Kota Pontianak dan sekitarnya.

Cuaca ekstrem berupa angin kencang disertai hujan menurut BMKG akibat bergeraknya awan raksasa bernama comolonimbus. Bentang ukuran awan raksasa comolonimbus itu lintas kabupaten. Ia bergerak ke arah Kaltim dan Sulawesi. Adapun Kota Pontianak menerima dampak pergerakan awan tersebut berupa angin kencang, sedangkan di Kaltim dan Sulawesi hujan deras.

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

IMG 20171206 051343 153

Pasar Kubu

IMG 20171206 WA0004

Anugerah Indonesia Damai, BNPT Luncurkan Buku Antologi Puisi Deradikalisasi