Arief Rachman: Spiritualitas Tentukan Keberhasilan Pendidikan - teraju.id
Home > Berita > Arief Rachman: Spiritualitas Tentukan Keberhasilan Pendidikan
IMG_20170408_094406_990

Arief Rachman: Spiritualitas Tentukan Keberhasilan Pendidikan

teraju.id, Tangerang – Keberhasilan dalam bidang apapun sangat erat kaitannya dengan spiritualitas. Hal ini ditegaskan pakar dan praktisi pendidikan Indonesia, Prof Dr Arief Rachman saat hadir memberikan arahan dalam acara Rakernas Bina Antarbudaya di Tangerang, Jumat, 7/4/17.

Arief yang pernah cukup lama menjadi “host” pengajian subuh di salah satu televisi swasta Indonesia ini menguraikan undang-undang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Pada pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

“Untuk itu diperlukan pendidik (guru, red) yang mendidik agar target yang ingin dicapai bisa maksimal,” ungkapnya dengan intonasi suara lemah lembut namun bernas.

Kata alumni AFS ini pendidikan akan berhasil apabila sentuhan pembelajaran mengedepankan iman, qalbu, akal dan perasaan. Maka kualitas akan tumbuh dan berdampak maju bagi kebudayaan.

“Meningkatkan nilai nilai spiritualitas akan menyebabkan pendidikan memiliki karakter terbaik serta berkualitas,” ungkapnya.

Menyikapi situasi kebangsaan saat ini, Arief menegaskan, aspek spiritualitas ini yang perlu dihayati dan diamalkan. Dengan perilaku akhlak yang mulia dibarengi kerja keras serta kerja cerdas, pendidikan dalam arti sempit maupun luas akan menanjak, berkualitas, dan berdampak. (Azdi/Nuris)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

Baca Juga:  Welcoming Party AFS Year Program 19/20

About teraju

Check Also

IMG_20190722_095001_382

Gerakan Infak Beras di Mata Ustadz Milenial–Hanan Attaqi

teraju.id, Pontianak – Siapa di jagad maya tak kenal dengan Ustadz Gaul ala Milenial Hanan …