in

Bangun Kepekaan Cegah Kebakaran, 2018 Enam Meninggal

WhatsApp Image 2019 03 25 at 08.08.59

teraju.id, Pontianak – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH berharap semua pihak membangun kepekaan terhadap kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di wilayahnya. Ini penting dilakukan, guna mencegah terus menerus kasus Kahutla setiap tahunnya.

“Tentunya kita harapkan hal yang paling esensi bagaimana kita membangun kepekaan terhadap potensi terjadinya karhutla sehingga dari awal sudah ada langkah pencegahan,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH pada saat acara Borneo Forum ke tiga dalam  Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) di Hotel Ibis Kota Pontianak, Kamis, 21 Maret 2019.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH mengingatkan, pada tahun 2018 akibat dampak Karhutla menelan korban jiwa.

“Tahun 2018 ada enam orang yang meninggal dunia  akibat kebakaran gambut ini,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Untuk itulah, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH berharap, semua pihak memahami dampak Karhutla.

“Kebakaran yang tampak atau survive fire. Biasanya kebakaran ini terjadi di lahan mineral. from fire atau kebakaran yang terjadi di daun-daun,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH tidak lelah terus menerus mengingatkan kepada semua lapisan masyarakat untuk tidak membakar lahan dengan cara dibakar. Tidak hanya itu, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH jajaranya juga memberikan edukasi pada masyarakat.

“Yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan dampak-dampak kebakaran. Selain itu juga, pihaknya juga melakukan kegiatan reprensif ketika bencana itu datang. Apalagi dalam kondisi darurat yang membutuhkan tenaga pihaknya,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal  Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH  mengharapkan peran andil perusahaan terus ditingkatkan karena memiliki sumber daya material dan sumberdaya personel yang cukup, libatkan terus masyarakat disekitar perusahaan setempat dilatih tata cara mengantisipasi dan memadamkan api  ketika kebakaran terjadi. Begitu juga memdorong membangun kanal-kanal dan embung air di lokasi rawan sebagai persediaan air dikala terkadi karhuta.

Polsek kami kedepankan melakukan pengawasan dan patroli.  Tujuanya untuk mencegah dan melakukan tindakan tegas. Baik itu masyarakat ataupun korporasi. Karena dampak dari Karhutla itu sangat besar,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Hal lainya adalah dengan bertemunya para pelaku usaha perkebunan sawit diharapkan dapat memberikan sumbangsih dan mendorong terhadap percepatan pembangunan di Kalimantan Barat.(r/cucu)

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2019 03 25 at 08.03.53

Sentra Gakkumdu Kawal Pemilu 2019 di Kalbar

WhatsApp Image 2019 03 25 at 08.16.31

Dukung Pembangunan Desa Mandiri, Polisi-TNI Awasi ADD