Belajar Bahasa Inggris di Kampoeng English Poernama Pasca "Graduation" - teraju.id
Home > Berita > Belajar Bahasa Inggris di Kampoeng English Poernama Pasca “Graduation”
IMG_20171127_052330_660

Belajar Bahasa Inggris di Kampoeng English Poernama Pasca “Graduation”

teraju.id, Poernama Valley – Belajar sambil bermain (edutaintment) berlangsung setiap hari Minggu sore di Kampoeng English Poernama (KEP). Ada 14 anak dan remaja yang ikut belajar pada Minggu, 26/11/17 kemarin. Kelas diampu oleh Deri, mahasiswa FKIP Jurusan Bahasa Inggris didampingi Febri, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura.
“Pelajaran hari ini, pasca graduation minggu yang lalu adalah evaluasi pembelajaran yang sudah-sudah. Tema hari ini adalah eduteinment dari kata sifat yang ada di sekitar kita,” ungkap Deri di hadapan peserta pembelajaran di Kampoeng English Poernama, lantai dua.
Anak dan remaja yang datang dengan penuh semangat belajar tampak bergairah. Mereka menyebutkan beberapa kata yang telah dituliskan di “whiteboard”, seperti kata near (dekat), far (jauh), handsome (ganteng) dan ugly (jelek). Kata-kata sifat tersebut kemudian disempurnakan ke dalam kalimat panjang. Hal ini menyebabkan anak mudah menguasai percakapan (conversation).
Deri juga menggunakan simulasi aktif dalam pembelajaran kemarin, yakni dengan membuat lingkaran. Di dalam lingkaran tersebut, setiap pelajar diminta menggerakkan anggota tubuhnya sambil menirukan kata sifatnya. Misalnya kata large (besar), maka tangan memperagakan gerakan yang besar, yakni membentuk lingkaran. “Ibarat olahraga sekaligus olah pikir,” kata Deri. Sedangkan peserta belajar di KEP menjadi betah dan tidak terkesan belajar, namun membosankan.
Pembelajaran aktif berbahasa Inggris di Kampoeng English Poernama telah dirintis sejak awal tahun 2013. Peserta belajar yang sudah graduation, bisa mengambil kelas lanjutan. Seperti kegiatan belajar kemarin, adalah kelas bagi mereka yang telah graduation di level pertama.
Pendaftaran siswa di KEP senantiasa terbuka. Pelajar yang mendaftar dari daerah Purnama pada khususnya dan Kota Pontianak pada umumnya.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

Baca Juga:  Amelia dan Luna Mengajar di Kampoeng English Poernama

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

Talkshow sedanf berlangsung di panggung Kampoeng English Poernama, Bina Antarbudya Chapter Pontianak, Sabtu 14/7/2018 malam. Foto Dwi Syafriyanti

KEP Talkshow Hadirkan Nuansa Baru Inspirasi Generasi Muda

teraju.id, Poernama  – Kampoeng English Poernama (KEP) Talkshow yang diselenggarakan pada Sabtu, 14/7/18 malam menghadirkan nuansa …