in ,

285 Calon Mahasantri Ma’had al-Jamiah IAIN Pontianak Ikuti Tes

IMG 20170826 064711 208

teraju.id, Pontianak + Selasa, 25 Agustus 2017 pukul 07.00 pagi calon mahasantri Ma’had al Jamiah IAIN Pontianak berkumpul di Aula Ma’had. Calon mahasantri dikelompokkan menjadi empat bagian. Saya sendiri masuk ke dalam kelompok B. Kami dipimpin oleh anggota Dema yang menjadi panitia dalam pelaksanaan tes Ma’had. Masing-masing dari kelompok dipimpin oleh tiga orang panitia. Panitia ini mengabsen kami apakah telah terkumpul sesuai daftar nama yang termasuk ke dalam grup tersebut.

Pukul 07.30 Ustadz Asnawi membuka acara tes ini dengan memberikan pengumuman berisikan empat tes yang akan kami lalui di antara tes baca Alquran, bahasa Inggris, bahasa Arab dan wawancara.
Kemudian Pak Eka Wahyudi sebagai pemimpin kekeluargaan di Ma’had memberi pengarahan. Memperjelaskan kembali bahwa syarat ke empat itu perlu ditindaklanjuti saat nanti ada di Ma’had al Jamiah. Harus ada niat baik untuk masuk ke Ma’had.
Target jumlah mahasantri yang diterima 198 orang. Namun calon yang mendaftar lebih dari target yang diterima. Dan menjelaskan agenda-agenda di Ma’had seperti sehabis Maghrib setelah itu membaca Alquran dan Subuhnya ada salat Tahajud. Dia memberikan pesan bahwa ini rumah kita maka kita perlu jaga bersama. Tidak ada perbedaan di antara kita. Jangan merusak fasilitas seperti mencoret dinding dan gunakan fasilitas dengan sebagaimana mestinya dan saling memahami antar mahasantri, saling menolong dan mengingatkan tentang pergorbanan orang tua. Dan terakhir ia memimpin kami menyanyikan yel-yel, “Hidup IAIN, hidup Ma’had.”
Selanjutkan Sambutan ketua Dema Ma’had al-Jamiah yaitu Endra Hadrikusuma. Dia memberitahukan nama-nama panitia yang memimpin setiap kelompok.
Kemudian dibuka lagi oleh Ustadzh Nur sebagai pemimpin mahasantri putri Ma’had yang menjadi salah satu penguji kami. Menyuruh kami mengikuti proses tes dengan tuntas. Seperti mengantri dan tidak gaduh.
Pukul 08.00 masing masing kelompok masuk ke tempat ruang berbeda untuk mengefesienkan waktu. Kelompok pertama di ruang tes bahasa Inggris. Kelompok dua di ruang wawancara. Kelompok tiga di ruang bahasa Arab. Dan kelompok terakhir di ruang baca Alquran. Setelah masing-masing kelompok selesai barulah melakukan sistem rolling ke kelas yang belum diuji sampai keempat hal yang akan diujikan.

Written by Yusriadi

Redaktur pada media online teraju.id dan dosen IAIN Pontianak. Direktur Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak. Lulusan Program Doktoral ATMA Universiti Kebangsaan Malaysia, pada bidang etnolinguistik.

IMG 20170826 063309 110

ICRS Selenggarakan Lokakarya Wacana Agama dan Keberagaman di Kalbar

IMG 20170827 WA0018

Nuansa Kemerdekaan Belum Berakhir