in ,

Apel Tiga Pilar untuk Pemilu Berkualitas

WhatsApp Image 2018 12 21 at 08.21.01

teraju.id, Pontianak – Kondusif, aman, dan tertib adalah harapan bagi semua lapisan masyarakat. Untuk itulah, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH mengajak masyarakat untuk sama-sama peduli menjaga itu semua.

“Untuk menciptakan wilayah yang kondusif tentunya memerlukan kerja sama dari kita semua untuk mewujudkan ketertiban dan rasa aman di masyarakat,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH .

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH mengingatkan, pada 2019, agenda nasional yaitu Pileg dan Pilpres saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Maka, pemetaan terhadap hal hal yang dapat mengganggu kelancaran Pileg dan Pilpres tersebut juga sudah dilakukan.

“Sebagaimana kita ketahui, Pemilukada 2018 yang baru saja selesai dilaksanakan, tentunya menjadi referensi bagi kita semua untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. Kerawanan yang akan timbul seperti politik identitas, politik uang, ancaman kekerasan, isu isu, berita-berita hoax di media sosial tentunya menjadi salah satu agenda yang perlu kita sikapi bersama,” tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Bersama sama instansi terkait mengambil langkah langkah konkrit dalam menghadapi hal tersebut yaitu melalui kerjasama tiga pilar.

“Bapak Bapak, Ibu Ibu yang berada di tingkat desa atau kelurahan, semua kita kumpulkan disini dalam rangka untuk menyamakan perspektif. Kondisi strategis dan agenda-agenda kamtibmas yang telah, tengah dan akan dilaksanakan ini tentunya dari tingkat Desa, tingkat Kelurahan lah yang akan bersinggungan langsung. Jadi, Bapak Ibu inilah yang nanti sebagai perpanjangan tangan, perpanjangan mata, perpanjangan lidah, kami kami yang di tingkat provinsi ini,” tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH .

WhatsApp Image 2018-12-21 at 08.21.20

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menjelaskan, tiga pilar inilah yang akan berkontribusi dalam kelancaran Pileg dan Pilpres nantinya.

“Saya selalu percaya dan optimis bahwa tiga pilar ini sangat memiliki kemampuan untuk membangun desa desanya. Peran tiga pilar dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas inilah yang kita harapkan, sehingga apa yang diharapkan oleh pimpinan, apa yang diharapkan oleh Bapak Gubernur, Kapolda, Pangdam dan kita semua, benar benar dapat dirasakan oleh warga masyarakat di mana kita ditugaskan,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D Tuejeh, menyebut banyak pakar yang berpendapat bahwa Indonesia suatu saat kira kira 35 tahun kedepan, Indonesia seharusnya masuk dalam lima kekuatan negara yang paling diperhitungkan dengan segala macam SDA yang kita punya.

“Seharusnya dengan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam dan posisi negara yang secara geografis sangat strategis, itu sangat memungkinkan. Tetapi ada satu syarat, syaratnya adalah negara ini harus mampu mengkonsolidasi dan Mendemokrasi secara baik. Kalau tidak, maka prediksi dan upaya pemerintah untuk menuju ke sana akan mengalami kegagalan total,” kata Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D Tuejeh. “Oleh karena itu apa yang kita lakukan pada saat ini sangat penting bagi TNI – Polri untuk bisa mengawal pelaksanaan demokrasi yang nantinya bisa mensejahterakan masyarakatnya,”.

Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji berharap dan yakin bahwa jajaran Polda, TNI dan Kepala Desa atau Lurah sudah siap menjadikan pesta demokrasi di Kalimantan Barat menjadi pesta Demokrasi yang terindah.

“Tidak akan ada selisih pendapat, tidak akan ada hal-hal yang membuat kita tercerai berai karena semuanya kalau berjalan sesuai aturan maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Pilkada saja yang sebenarnya tingkat kerawanan nya lebih tinggi dibandingkan hal lain, itu bisa dilalui dengan baik,” kata H Sutarmidji. “Saya bersama jajaran kepolisian dan TNI bertekad, kita akan mengabdikan semua yang kita bisa, yang kita mampu, untuk percepatan kesejahteraan, untuk percepatan pembangunan di Kalimantan Barat,”.

Sebagai informasi, dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman, damai, elegan dan bermartabat di Provinsi Kalimantan Barat, Polda Kalbar menggelar Apel Tiga Pilar, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa atau Lurah yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Aston Kota Pontianak, pada Kamis, 20 Desember 2018.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Drs Didi Haryono, Pangdam XII Tanjungpura yang diwakili oleh Kasdam XII Tanjungpura Brigjen TNI Alfret Denny, Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji, Danlantamal XII Pontianak atau yang mewakili, Danlanud Supadio atau yang mewakili, dan 522 peserta yang terdiri dari 227 Bhabinkamtibmas, 150 Babinsa, dan 89 Kepala Desa atau Lurah, 13 Kasat Binmas Jajaran Polda Kalbar, 28 PJU, dan 15 Kanit Binmas Polresta.

Apel tiga pilar tersebut dimulai dengan kata sambutan dari Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono. Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalbar menyampaikan bahwa agenda agenda nasional yang akan diselenggarakan di wilayah Kalimantan Barat harus kita jaga keamanannya bersama. (r/cucu)

Written by teraju

IMG 20181219 151852 800x450 600x338

Kembangkan Ekonomi Keluarga Berbasis Syariah dari Desa

WhatsApp Image 2018 12 23 at 17.24.23

Bangka Bersejarah Sebagai Rumah Singgah