Gerakan Indonesia Membaca Pontianak Dilaunching - teraju.id
Home > Berita > Gerakan Indonesia Membaca Pontianak Dilaunching
IMG_20181203_050031_045

Gerakan Indonesia Membaca Pontianak Dilaunching

teraji.id, Pontianak – Buket balon berwarna biru dan merah, yang diikat dengan pita merah telah terbang membawa pesan “Gerakan Indonesia Menulis”. Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, MT beserta panitia Aksi Daerah Gerakan Indonesia Menulis, Dinas Pendidikan Kota Pontianak, melepasnya bersama sebagai tanda gerakan telah dimulai di kota KhaTULIStiwa. Aksi ini tak hanya melayang pandang balon terbang, Walikota bersama penyusun rencana aksi menandatangani kain rentang putih, sebagai bentuk kesepakatan bersama menggerakan Indonesia Membaca. Lapangan Masjid Mujahidin, Minggu (2/12/18) menjadi saksi aksi ini.

Selasa, 27 November lalu, telah dilakukan usulan program rencana Aksi Daerah Pontianak GIM, Penyusun aksi ini berasal dari berbagai lembaga, seperti Guru-guru se-kota Pontianak, Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Penggiat Literasi, PKBM, TBM, UPT Dokumen dan Bahasa, Pengawas Sekolah, dan sebagainya. Berbagai program yang tercatat di antaranya, Pembentukan Kader Literasi baik di Masyarakat maupun Sekolah, Apresiasi Penggiat Literasi, Pekan Literasi Guru, Pelatihan dan pengimbasan pengelola TBM.

Walaupun belum menjadi program final, peserta penyusun aksi daerah telah menunjukkan sikap membudayakan gemar membaca di lingkungan masing-masing. Berbagai dokumen nyata dan startegi dari gerakan membaca di sekolah dan penggiat literasi yang disampaikan Dedy Ari Asfar, MA., menjadi kompas awal, gerakan ini. Bahkan, literasi menulis pun menjadi hal yang menyenangkan oleh peserta setelah memeroleh ilmu menulis dari pemateri, Maharani, M.Pd.

Peresmian GIM, bersamaan dengan rangkaian acara peringatan Hari Guru. Acara yang dimulai sejak pukul 05.15 ini awali dengan senam sehat, Penampilan Drumband, Silat, Dendang Melayu, launching GIM, pelepasan Kontingen Drumband berangkat ke Banjarmasin, serta cabut undi kupon hadiah. Hingga pukul, 09.30, bersorak gembira, sepeda gunung sudah ada yang punya, tapi masih ada yang terpakir, kulkas, TV 40 inc, dan hadiah hiburan lainnya.(Farninda Aditya)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-14 at 13.55.58

Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru

terajut.id, Pontianak – Persiapan demi persiapan pelaksanaan pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mendatang, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *