Kalbar Menyapa Literasi Indonesia (Wisata Literasi Nasional 2019) - teraju.id
Home > Berita > Kalbar Menyapa Literasi Indonesia (Wisata Literasi Nasional 2019)
literasi1

Kalbar Menyapa Literasi Indonesia (Wisata Literasi Nasional 2019)

teraju.id – Pontianak, 9 September 2019 telah diadakan sebuah event literasi terbesar di Kalimantan Barat, acara tersebut dinamai Wisata Literasi Nusantara yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah dan Forum Indonesia Menulis. Adapun acara ini diadakan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

Acara ini dihadiri Bang Midji (Sapaan akrab H. Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Barat), Drs. Muh. Syarif Bando (Kepala Perpustakaan Nasional) serta Najwa Shihab (Duta Baca Nasional) sekaligus menjadi menjadi pembicara dalam acara tersebut, beberapa kepala daerah di Kalimantan Barat juga turut hadir pada hari itu. Acara ini didukung beberapa sponsor literasi seperti TOP Indonesia, Kampoeng English Poernama, IKAPI dan masih banyak lagi.
Wisata Literasi Nasional merupakan kegiatan puncak dari Forum Indonesia Menulis dalam satu tahun belakang mengampanyekan budaya baca bagi masyarakat di kalimantan barat. “Kita punya visi besar, yaitu bagaimana kemudian Kalimantan Barat dengan daerah yang bisa dibilang sedang berkembang dan maju menjadi provinsi literasi Indonesia” ujar Fakhrul Ar-Razi selaku founder Forum Indonesia Menulis. Fakhrul sendiri berharap semoga dengan adanya acara ini, dapat menjadi semangat serta virus literasi bagi peserta yang hadir, peserta yang hadir tercatat sebanyak 1.000 orang.

Adapun acara ini bertepatan dengan launching 1.000 buku yang berasal dari penulis se kalbar. Dimana rata-rata penulis tersebut berasal dari latar belakang seorang guru, dosen, mahasiswa dan pelajar. Forum Indonesia Menulis baru saja mendapatkan penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2019 sebagai motivator literasi Indonesia atas karya, prestasi, dan dedikasinya dalam mengembangkan literasi di Indonesia.

Baca Juga:  Wisata Literasi Nasional 2019

Adapun acara ini dibagi menjadi dua sesi, untuk sesi pertama dimulai dari pukul 07.30 hingga 12.00 siang, adapun sesi pertama yaitu pelatihan bagi para peserta, diisi oleh Resi Jesita (Duta Baca Kalbar 2017) dan juga Aswan selaku pegiat literasi, sedangkan sesi kedua dilanjutkan sesi talkshow bersama Najwa Shihab, Gubernur Kalimantan Barat dan Kepala Perpustakaan Nasional hingga pukul 16.00.

Seperti halnya Bang Midji, ia mengatakan bahwa dalam satu hari ia pasti menyempatkan waktu untuk membaca buku, karena ia sadar dengan pentingnya ilmu yang bisa ia dapatkan jika membaca buku. Menariknya, ia selalu membeli kurang lebih 30 buku jika sudah pergi ke Gramedia. Pesan menarik juga disampaikan oleh Najwa Shihab “If you save your money at your brain, nobody can take it from you” maksudnya jika kita menginvestasikan ilmu dikehidupan kita maka tidak akan ada yang bisa mencuri ilmu itu selama masih tersimpan di ingatan.
Acara yang sangat berkesan, tak sabar menunggu sepak terjang Forum Indonesia Menulis kedepannya demi membangkitkan semangat literasi di Bumi Pertiwi.(Muhamad Yodi Kaidavi)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Muhamad Yodi Kaidavi

Check Also

leo

Penyembuhan dan Mukjijat: Sebuah Pengalaman Rohani

Oleh: Leo Sutrisno Pengantar Dalam pembicaraan sehari-hari, kita sering menganggap sama antara ‘penyebuhan’ dan ‘mukjijat’. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *