in ,

Kapolda Kalbar Mengajak Generasi Millenial Aktif Baca Tulis Alquran

IMG 20190428 055338 495

teraju.id, Singkawang – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH mengatakan di era millenial dengan serba mudah dan terbukanya jaringan informasi, maka perlu membangun umat yang berbasis akhlak terus digencarkan, hal itu disampaikan disela menghadiri acara pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang yang dibuka oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji bertempat di stadion Kridasana Singkawang, Sabtu (27/04/2019).

“Kami mengajak seluruh umat Islam di Kalimantan Barat untuk memakmurkan masjid dengan menggalakan membaca al-gur’an, apalagi bagi kalangan generasi millenial untuk aktif belajar Baca Tulis Alquran (BTA). Beberapa anggota kami pun di Polres Sambas dan Singkawang memiliki program mengajar mengaji keliling surau dan masjid,” kata Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Menurutnya, zaman boleh milenial, tapi jangan lupa BTA-nya terus diaktifkan. Boleh memiliki media sosial, Facebook, Instagram, Twitter dan sosmed lainya, tapi mengaji jangan ditinggalkan.

“Karena ini menjadi landasan iman kita sebagai mahluk yang mulia ciptaan Allah SWT dan dengan iman taqwa kita sebagai benteng yang kuat atas pengaruh pengaruh negatif yang sangat gampang masuk meracuni generasi muda kita khususnya dari pengaruh pengaruh Narkoba dan media sosial yang sekarang begitu gencar dengan seluruh informasi yang belum tentu benar atau hoaks maka dengan tekun mengasah iman kita dengan ajaran agama islam yang kita yakini imani dan kita pahami tentunya ini menjadi benteng terbaik bagi kita semua untuk tidak terpengaruh oleh hal hal negatif,” ujar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Dalam acara pokok Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang, Gubernur Kalbar Sutarmidji menjelaskan, Pemprov Kalbar menyambut baik diselenggaranya STQ tersebut. Dia berharap kegiatan STQ dapat meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap kitab suci Al-qur’an.

IMG_20190428_055354_955

“Dan saya berharap selain menumbuhkan semangat syi’ar Islam, juga kiranya kegiatan keagaman ini dapat meningkatkan semangat umat untuk mempelajari, mengkaji dan mengaplikasikan atau mengamalkannya ajaran agama islam ditengah-tengah kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebab islam itu cinta damai dan kita cinta pada Negara Kesatuan Republik indonesia ini terus berjalan damai,” tuturnya.

Tujuan Seleksi Tilawatil Qur’an XXV tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang ini untuk mempersiapkan qori dan qoriah, hafizh dan hafizhah, mufassir dan mufassirah terbaik guna mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat nasional. STQ Nasional ke-25 itu akan berlangsung di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada 27 Juni – 6 Juli 2019.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah mempersiapkan STQ tersebut. Melalui STQ Nasional XXV Tahun 2019 nanti, kami berharap setiap daerah dapat terus berlomba untuk membina potensi qari/qariah dan hafizh-hafizhah di wilayahnya masing-masing,” ulasnya.

Sebagai informasi, dalam rangkaian pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang. Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie selaku tuan rumah berkesempatan memberikan sambutan dan dilanjutkan oleh kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar Drs. H. Ridwansyah. Acara di akhiri dengan penampilan tarian kolosal dan teater serta pelepasan lampion.
(r/cucu)

 

Written by teraju

WhatsApp Image 2019 04 27 at 18.28.43

Demi Kemanusiaan, 83 Unit Mobil Barang Bukti Diserahkan Pada Pemiliknya

IMG 20190429 070958 936

Pleno KPUD, Kapolda Kalbar Ngopi Bareng Warga Singkawang