in ,

Kenang Sudono Salim (Liem Sioe Liong), Sekolah Megah Sagatani Diresmikan

IMG 20190708 092401 055

teraju.id, Singkawang – Minggu pagi di suatu tempat, ratusan orang berkumpul menghadiri peresmian sebuah gedung sekolah SMP – SMA – SMK yang bernama Sekolah Asoka bertempat di jalan Sagatani Kota Singkawang Selatan, Minggu (7/7/2019).

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Hayono SH MH bersama Pangdam XII/Tpr, Mayjend TNI Herman Asaribab menghadiri peresmian gedung baru tersebut sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Sekolah Asoka-nya yang ke-10.

Sekolah Asoka ini bersifat sosial, memiliki motto Cendekia Berbudi Luhur Berkualitas Prima yang dibangun megah 3 (tiga) tingkat di atas tanah seluas 3,3 hektar dengan luas gedung 3.600 M2 yang didirikan oleh Bapak Albert Salim dan Ibu Liliana Halim yang didedikasikan untuk orang tuanya almh. Sudono Salim atau lebih dikenal Liem Sioe Liong.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Hayono SH MH yang merupakan putra asal singkawang ini, mengapresiasi sumbangsih keluarga besar Salim Group dan para donatur sehingga di usia ke-10 tahun sekolah Asoka yang berlokasi di Singkawang Selatan ini bisa berdiri megah.

“Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan penting yang tidak dapat dipisahkan oleh manusia. Dimana pendidikan sudah dipandang sebagai suatu investasi masa depan yang sangat penting bagi setiap manusia. Pendidikan bukan saja sebuah investasi yang bernilai ekonomi saja akan tetapi sebagai suatu investasi untuk mendapatkan derajat yang lebih tinggi dalam kehidupan dunia maupun akhirat,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Binmas Budha Kementerian Agama Republik Indonesia, Karyadi dalam sambutannya memberikan apresiasi menyambut baik peresmian Sekolah Asoka ini. “Kemajuan bangsa tidak lepas dari kemajuan dibidang pendidikan. Kami mengajak masyararakat budhis untuk membangun pendidikan untuk meningkatkan kuwalitas SDM umat budha di Kota Singkawang sehingga siap untuk berdaya saing dengan bangsa lain di era kemajuan tehnologi informasi dan pendidikan menjadi tanggungjawab kita semua,“ ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Sangha Theravada Indonesia (STI) mengucapkan selamat atas pembangunan Sekolah Asoka. “Saat ini umat lebih mudah suport pembangunan vihara dibanding membangun sekolah. Mendirikan sekolah akan sangat terkait dengan siswa, perlu peran orangtua siswa, perlu guru yang mampu menerapkan metode yang sesuai sehingga efektif capaiannya,” katanya.

Keberhasilan seseorang selalu diukur karena memiliki kecerdasan intelektual. bahwa keberhasilan seseorang bukan saja karena kecerdasan intelektual saja akan tetapi mempunyai kecerdasan emosional. Ia mencontohkan bagaimana siswa-siswa itu bisa berbaris dan pandai mengantri dan bisa bersabar.

“Saat ini, tidak juga hanya mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecerdasqn emosional, akan tetapi perlu kecerdasan spiritual sebagai penengah antara kecerdasan intelektual dan emosional. Saya berkeyakinan dengan adanya wihara fi sekolah Asoka ini, maka akan mampu menghadilkan manusia yang berkualitas punya karakter yang positif, cendekia, berbudi luhur. Dirgahayu sekolah Asoka yang ke-10,” tuturnya.

Demikian halnya, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie menyampaikan apresiasi atas pembangunan Sekolah Asoka dan saat ini sudah berusia 10 Tahun. Suatu kehormatan keluarga Sudono Salim atau lebih dikenal Liem Sioe Liong telah membantu bidang pendidikan di Kota Singkawang. Keberadaan sekolah ini sangat membantu warga kota Singkawang dalam mendapatkan akses pendidikan dan menjadi tanggungjawab kami sebagai pemerintah,” tuturnya.

Di penghujung acara, Ibu Liliana Halim menyampaikan bahwa pembangunan gedung baru Sekolah Asoka dapat diselesaikan satu tahun lebih, semua kami dedikasikan untuk mendiang mertua tercinta Sudono Salim dan ibu. “Melalui yayasan Bahussuta, Kami merasa bangga bisa turut membantu pendidikan di Kota Singkawang, semoga Indonesia ke depan semakin terus meningkat bidang pendidikannya,” tutupnya. (r/cucu)

Written by teraju

IMG 20190708 092344 478

Dukung PBVSI Kalbar di Pra-PON

view TMR

Top Munzalan Residence: Perumahan Murah dengan Fasilitas Mewah di Kubu Raya