in ,

Kentongan “Alarm” Keamanan Lingkungan

WhatsApp Image 2019 01 18 at 13.25.30

teraju.id, Kayong Utara – Kamis pagi itu matahari mulai meninggi. Anak-anak belia berjejer berbaris di pinggiran ruas jalan utama. Ada wanita, dan laki-laki. Teriknya matahari membakar kulit, tak diindahkan oleh murid-murid sebuah sekolah menengah pertama (SMP) di Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Rela menunggu dari sejak pagi jelang siang ratusan murid SMP di sana menyambut hangat kedatangan Kapolda Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH beserta rombongan.

Sumringah. Antusias. Itulah yang terlihat dari murid SMP. Senyum lebar merekah dari mimik muka calon generasi bangsa itu. “Assalaamualaikum,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, menyapa ratusan murid SMP di sana. “Walaikumsalam,” ucap ratusan murid SMP serempak menjawab dengan penuh semangat.

Setelah berbincang dengan ratusan murid SMP, langkah kaki Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH meninjau Pos Kamling dan Siskamling.

“Dirbinmas harus menjadikan Poskamling dan sistemnya di RT 22 Desa Sutera ini sebagai Siskamling percontohan, sebagai pengingat keamanan lingkungan cara konvensional masih mereka terapkan dengan adanya lonceng dan kentongan sebagai “alarm”, tapi mereka kekinian juga dapat berkomunikasi melalui Handphone dengan petugas dan aparat Kepolisian setempat” tutur Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Selanjutnya, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menuju Poskamling dan berbincang dengan perangkat RT dan ronda malam. “Sistem roda malam ini harus lebih ditingkatkan. Karena, ronda malam ini memupuk rasa kebersamaan antar sesama,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Kunci keamanan lingkungan sebetulnya, berasal dari warga yang memiliki rasa keperdulian. Sebab, jika masyarakat menenukan hal mencurigakan, dengan sigap memberitahu pihak kepolisian. “Dalam hal ini peranan anggota Bhabinkamtibmas juga pendorong. Marilah sama-sama menjaga. Kalau lingkungan ini aman tenteram akan banyak investor datang ke desa,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, mengingatkan. (r/cucu)

Written by teraju

WhatsApp Image 2019 01 17 at 08.54.20

Polda Dorong Percepatan Desa Mandiri

WhatsApp Image 2019 01 18 at 13.26.07

Daerah Aman, Kekayaan Alam Mensejahterakan