Sahabat Ombudsman di Purnama Agung Berakrab Ria dengan Warga - teraju.id
Home > Berita > Sahabat Ombudsman di Purnama Agung Berakrab Ria dengan Warga
IMG_20181112_150903_742

Sahabat Ombudsman di Purnama Agung Berakrab Ria dengan Warga

teraju.id, Poernama Valley – Gerakan sosialisasi kelembagaan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Kalbar berupa “Sahabat Ombudsman” berkegiatan ria di Purnama Agung VII, Sabtu, 10/11/18. Kegiatan berbentuk “Ngopi Bareng” itu melibatkan puluhan tokoh warga.

Ketua RT 07 Siswadi, SE sebagai tuan rumah yang juga bagian dari “Sahabat Ombudsman” menyulap lokasi ngopi bareng bagaikan kafe. Terdapat backdrop dengan kursi sofa untuk talkshow, serta deretan kursi peserta yang jumlahnya puluhan. Sisi lain tentu saja konsumsi yang membuat suasana menjadi serius, santap, tapi juga santai.
“Sebagai Lembaga Negara yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, Ombudsman RI memiliki tugas melakukan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga negara, lembaga pemerintah, lembaga kemasyarakatan dan perorangan dalam upaya mencegah maladministrasi pada penyelenggara pelayanan publik sesuai dengan ketentuan pasal 7 Undang undang No.37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI,” ungkap Siswadi sebagai sahibul bait.

IMG_20181112_150945_896

Kata pria yang digadang para tokoh warga sebagai calon Ketua RW ini, berdasarkan hal tersebut di atas Ombudsman RI Perwakilan Kalbar menyelenggarakan Ngopi Bareng dengan tema Peran Masyarakat Sebagai Pejuang Pelayanan Publik. Kebetulan hari pelaksanaan bertepatan dengan hari pahlawan 10/11/2018.

Pihak Ombudsman Kalbar, Budi Rahman dalam penjelasannya mengatakan bahwa sebagian besar materi sosialisasinya telah disampaikan dengan baik oleh Ketua RT 07, Siswadi. “Sayang saya berada di wilayah lain Kota Pontianak. Demi mendengar penjelasan Pak Siswadi, Sahabat Ombudsman yang satu ini, yang luar biasa cerdas dengan segenap aktivitasnya, serasa saya pun mau pindah domisili di sini,” dapuk mantan wartawan ini disambut tepuk tangan riuh rendah hadirin.

Baca Juga:  Zainuddin Isman, Dayak Islam dan Korban Kerusuhan Etnik

IMG_20181112_150924_034

Di dalam sesi tanya jawab, warga yang notabene tokoh tokoh masyarakat aktif bertanya. Tasril Djohan salah satu di antaranya. Selain memuji Ketua RT 07 yang menjadi Sahabat Ombudsman sekaligus merayu yang bersangkutan bersedia menjadi Ketua RW Purnama Agung VII kelak, meminta ORI Perwakilan Kalbar proaktif. “Kalau hanya menunggu laporan, sayang. Banyak hal harus proaktif,” ujarnya.

ORI Perwakilan Kalbar mengakui bahwa belum banyak warga paham tentang layanan Ombudsman. Padahal lebih dari 3000 urusan pelayanan publik berkenaan dengan tugas pengawasan Ombudsman. Oleh karena itu ORI membentuk Sahabat Ombudsman di media luar ruang, dalam ruang, dan terjun langsung ke kancah masyarakat.
Acara ditutup dengan ngopi bareng, ngeteh bareng, makan siang bersama dan bagi-bagi cinderamata. (kan)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-14 at 13.55.58

Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru

terajut.id, Pontianak – Persiapan demi persiapan pelaksanaan pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mendatang, …