Semarak Celoteh Anak di Pontianak Expo, Menjelaskan Dampak Buruk Asap Rokok Laksana Dokter! - teraju.id
Home > Berita > Semarak Celoteh Anak di Pontianak Expo, Menjelaskan Dampak Buruk Asap Rokok Laksana Dokter!
WhatsApp Image 2018-10-22 at 10.19.46

Semarak Celoteh Anak di Pontianak Expo, Menjelaskan Dampak Buruk Asap Rokok Laksana Dokter!

teraju.id, PCC –  37 anak tampil dalam lomba berceloteh di panggung Pontianak Expo, Pontianak Convention Center menyambut serta mengisi hari jadi Kota Pontianak ke-247. Lomba digelar sejak pukul 10.30 hingga 16.30, Minggu, 21/10/18.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak diwakili Drg Trisnawati dalam sambutan membuka kegiatan menyatakan bahwa lomba ini digelar oleh Dinas Kesehatan Bagian Promosi Masyarakat. Untuk itu tema yang diusung adalah Bahaya Asap Rokok. “Kita di Pontianak telah memiliki peraturan daerah kawasan tanpa asap rokok. Untuk itu dengan lomba ini kita mempromosikan perda tersebut agar lingkungan semakin bersih dan sehat,” ungkapnya.
Kata Trisnawati, perda kawasan tanpa rokok (KTR) bukannya melarang seseorang untuk merokok melainkan mengatur di mana tempat yang boleh dan tidak. Juga mengurangi perokok pemula, khususnya anak-anak dan remaja sehingga mereka tidak kecanduan.

Salah satu peserta lomba berceloteh saat tampil di atas panggung Pontianak Expo, Minggu, 21/10/18.
Salah satu peserta lomba berceloteh saat tampil di atas panggung Pontianak Expo, Minggu, 21/10/18.

37 peserta lomba berceloteh berasal dari SD dan utusan puskesmas di Kota Pontianak. Pada umumnya mereka adalah siswa-siswi kelas 4-6.

Lomba berceloteh mengambil unsur tematik sehat tanpa asap rokok melalui kemampuan penguasaan materi, penampilan, kemampuan komunikasi serta waktu. Waktu tampil mereka dibatasi 5-10 menit.

Pengumuman pemenang akan disampaikan pada saat penutupan Pontianak Expo. Tepatnya, di hari jadi Kota Pontianak, 23/10/18.

Penampilan siswa-siswi sejak 1-37 sangat kompetitif. Pada umumnya mereka menguasai materi perilaku hidup sehat tanpa merokok. Mereka mengetahui adanya jenis perokok pasif dan aktif dengan segenap resiko kesehatannya. Bahkan tak jarang ada peserta yang berceloteh tentang dampak buruk kesehatan akibat rokok menyamai penjelasan seorang dokter!

Hal lainnya yang menarik sehingga lomba celoteh anak ini semakin semarak adalah penggunaan alat pendukung ketika berceloteh. Ada yang membawa model rokok dan aneka poster. Begitupula kostum yang dikenakan. Tak sedikit berbusana baju kurung dan telok belanga bermotif khas corak insang.

Kelucuan tak terpungkiri ketika anak-anak tampil lugu. Ada juga yang terbata-bata. Namun istimewa dengan hadirnya pantun sebagai penghibur. Sastra lisan khas Melayu Pontianak itu turut mewarnai kesemarakan lomba berceloteh anak. (kan)

WhatsApp Image 2018-10-22 at 10.19.46 (1)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

WhatsApp Image 2018-11-13 at 17.45.01

Tingkatkan Kemampuan Personel, Polda Kalbar Gelar 5 Jenis Pelatihan di SPN Pontianak

teraju.id. Pontianak – Wakapolda Kalimantan Barat membuka langsung pembukaan pelatihan Ba Penanggulangan Konflik Sosial, Lat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *