Senam Nusantara Rekatkan Kohesi Sosial Warga Purnama - teraju.id
Home > Berita > Senam Nusantara Rekatkan Kohesi Sosial Warga Purnama
IMG_20180212_084748_009

Senam Nusantara Rekatkan Kohesi Sosial Warga Purnama

teraju.id, Purnama – Inisiatif masyarakat muncul menyikapi ancaman intoleransi yang meningkat akhir-akhir ini di Indonesia. Cara ditempuh dengan menggalakkan kebersamaan yang dapat diikuti multi etnis dan agama, berupa senam nusantara.

“Kami melaksanakan senam nusantara di halaman yang cukup luas dan bisa menampung 400-600 orang,” ungkap tokoh masyarakat Purnama Agung VII, Alam Mastar Harahap di sela kegiatan senam yang dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis, Minggu, 11/2/18 pagi. Kegiatan diikuti warga Purnama Agung VII, Parit Demang dan sekitarnya.

Senam nusantara selain menggerakkan tubuh sehingga lebih segar dan bugar, juga mengandung keceriaan dan gelak tawa akibat gerakan-gerakan senamnya seirama dengan musik yang mengalun keras. Musik yang rancak itu diambil dari lagu-lagu etnis di Nusantara. Ada musik diambil dari irama lagu cik cik periuk Melayu Kalbar, ada juga si jali-jali tanah Betawi, lagu Batak, Jawa, Sunda bahkan Tionghoa.

“Kami bergembira dan terasa lebih akrab antarsesama warga. Kami di sini multietnis dan agama. Kita rasakan persatuan itu semakin penting,” kata Agus, Ketua Rukun Warga (RW) seraya menambahkan kegiatan ini akan menjadi kegiatan berkala di wilayahnya.

Seusai acara, setiap peserta yang hadir juga punya kesempatan memperoleh hadiah (door prize). Keceriaan pun berlipat-ganda dari peserta yang membawa pulang hadiah. Hadiah itu selain disiapkan panitia, juga didapatkan dari sponshorship.

Baca Juga:  Perayaan 1600 Tahun Literasi Nusantara di Pontianak

Kebersamaan di Purnama ini menginspirasi untuk menjaga keutuhan Indonesia dari ancama intoleransi.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

Suasana pelatihan jurnalistik online Dispera Kalbar, Rabu, 15/8/18.

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kalbar Gelar Dikjur Online

teraju.id, Pontianak – Lima staf Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Provinsi …