“Domestic Exchange” memperingati 15 Tahun Program KL-YES - teraju.id
Home > Berita > “Domestic Exchange” memperingati 15 Tahun Program KL-YES
WhatsApp Image 2018-09-27 at 11.39.04

“Domestic Exchange” memperingati 15 Tahun Program KL-YES

Dua Puluh Siswa-siswi dari 20 Daerah di Indonesia Berkumpul di Bangli, Untuk Mempelajari Pembelajaran Antar Budaya

teraju.id, Bangli, 21 September 2018 – YES Alumni Association bekerja sama dengan Yayasan Bina Antarbudaya melakukan kegiatan “Domestic Exchange” di Kabupaten Bangli, Bali, yang melibatkan 20 siswa-siswi dari berbagai daerah di Indonesia sejak tanggal 17 September-23 September 2018. Kegiatan ini ditujukan agar para siswa mendapatkan pembelajaran antar budaya dari daerah-daerah di Indonesia, menghargai perbedaan dan juga menumbuhkan nasionalisme mereka.

Serangkaian kegiatan dalam Domestic Exchange ini meliputi, community service ke SD Kubu Penglipuran, pelatihan berbicara di depan umum melalui promosi daerah oleh setiap siswa, dan penjelasan menghargai perbedaan antar agama yang dibawakan oleh Kak Jacky Manuputty (Provokator Perdamaian dari Ambon). Selama berada di Bangli, para siswa tinggal dengan keluarga angkat sehingga diharapkan mereka dapat mengalami dan menerapkan pembelajaran budaya melalui interaksi langsung.

WhatsApp Image 2018-09-27 at 11.39.03 (1)

Pada acara penutupan, Sabtu 22 September 2018, 7 orang pelajar Amerika yang tengah mengikuti program YES Abroad di Indonesia turut hadir dan unjuk kebolehan mereka membawakan tari Pendet dan tari Gopala bersama siswa peserta program Domestic Exchange.

Hadir juga malam itu para keluarga angkat, Perangkat Desa Penglipuran, dan juga pihak-pihak yang telah membantu penyelenggaraan serta Wakil Konsul dari Konsulat Amerika Serikat di Surabaya, ibu Samantha Jackson.

Baca Juga:  Beng dan Imam Ikuti Pelatihan "Social Entreprise" di Bali

Kegiatan Domestic Exchange ini diadakan dalam rangka perayaan 15 tahun Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study, atau lebih dikenal dengan Program YES, program beasiswa yang disponsori oleh Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat bagi siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat dari Negara-negara dengan populasi Muslim yang signifikan, untuk tinggal bersama keluarga Amerika dan belajar selama satu tahun akademik di sekolah di Amerika Serikat. Dimulai tahun 2003, peserta Program YES diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada bangsa Amerika mengenai negara dan budaya mereka. (Rilis – Anisa Gita Pratiwi – Public Relation & Fundraising Coordinator)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

WhatsApp Image 2018-10-23 at 19.31.53

Gubernur Sutarmidji Kunjungi Stand Bekraf – Literasi Kalbar Penulis Lokal

teraju.id, Mall Ayani – Gubernur Kalbar H Sutarmidji SH, M. Hum didampingi istri mengunjungi stand …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *