Ekonom Rabbani untuk Kalbar Madani - teraju.id
Home > Berita > Ekonomi > Ekonom Rabbani untuk Kalbar Madani
IMG_20180806_32415

Ekonom Rabbani untuk Kalbar Madani

Telah diketahui bersama, bahwa ada sekelompok lembaga atau organisasi yang bergerak dalam dunia Ekonomi Islam. Melirik perkembangan langkah kaki lembaga atau organisasi tersebut dalam regional Kalimantan Barat terdapat fakta lapangan yang mencengangkan. Kalbar sendiri di dominasi oleh penduduk beragama Islam. Tetapi, data tersebut tidak menjadi dalih pijakan ekonomi berkarakter Islam. Kendala yang dihadapai masyarakat kalbar bukan hanya soal mental yang belum terevolusi. Pun berkaitan dengan informasi, edukasi dan sosialisasi oleh pihak terkait, dalam hal ini adalah lembaga atau organisasi tersebut.

Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) IAIN Pontianak mencoba maju selangkah untuk menemukan langkah berikutnya. Organisasi eksternal kampus yang dikelola mahasiswa ini baru bergerak dan membenahi struktur keorganisasian beberapa waktu lalu di gedung IDX Kalbar. Kepekaan intelektual muda dalam menghadapi dinamika perekonomian yang jauh dari syariat diharapkan mampu membangun harapan baru untuk Kalbar madani.
Organisasi dakwah ekonomi dengan lebih kurang 30 anggota ini memiliki karakterisitik pergerakan ukhuwah, dakwah dan ilmiah atau dengan kata lain kekeluargaan, berbagi serta sesuai kaidah pengetahuan. Pencanangan program kerja yang telah direncanakan telah diupayakan direalisasikan.

Ketua KSEI sendiri, Khasin dalam kesempatannya menyampaikan bahwa untuk mencanangkan program kerja sebagaimana niat awal yaitu sarana dakwah yang dikhimatkan kepada ummat harus dibekali kecakapan pedagogis, kepekaan dan koordinasi diantara pengurus organisasi mulia ini.
Kekuatan seorang Khosin memang patut diapresiasi, pasalnya beliau telah banyak berdedikasi untuk KSEI, salah satunya wacana untuk menginternalkan organisasi agar ternaung dibawah kampus dan leluasa bergerak demi terwujudnya pemahaman terhadap ekonomi Islam di kalangan mahasiswa. Meskipun yang demikian itu membutuhkan proses panjang, paling tidak sementara ini KSEI berfokus diri mensosialisasikan niat dan hubungan baiknya kepada warga kampus dan masyarakat luas.

Kelompok yang mempunyai jargon “Ekonom Rabbani, Bisa” ini adalah organisasi yang pantas kiranya untuk senantiasa didukung dan diterima keberadaanya karena kebermanfaatan yang diberikan kepada masyarakat lua. Apalagi eksistensi ekonomi Islam yang masih jauh kalah dengan rival abadinya yaitu konvensional. Saatnya yang muda bergerak, yang muslim memberdayakan kemuslimannya dengan ikut andil dalam menerapkan ekonomi Islam. Anda bisa andil dalam dakwah KSEI dengan menyimak program kerjanya di akun media sosial instagram ksei.iainpontianak.

Salam Ekonom Rabbani Kalimantan Barat

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About juharis

Juharis, Mahasiswa Ekonomi Islam 2016 IAIN PONTIANAK Hobi Membaca dan Menulis Domisili Sambas, Kalbar Menggantungi cita-cita seorang Dosen dan Motivator

Check Also

IMG_20180303_203853_101

Sekilas Ekonomi Kalbar

Oleh Qodja, Wasekum BPD HIPMI Kalbar Kalimantan Barat merupakan provinsi yang memiliki 14 Kota Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *