in ,

FSBM XI Singkawang, Ribuan Peserta Berlomba Menyambut Tuah

pembukaan fsbm singkawang

teraju.id, Singkawang— Saat memasuki Singkawang, jelas terasa aroma festival ini, Festival Seni Budaya Melayu XI. Beberapa spanduk berjejer rapi di jalan. Tak lupa pula hotel dan penginapan memajang spanduk selamat datang menyambut para peserta. Yang tak kalah menarik, pohon manggar menghiasi di setiap instansi pemerintahan. Mungkin tak semeriah bila rencana semula nyata: memecahkan rekor pohon manggar terbanyak.

Festival kali ini bertema besar, ‘Menjunjung Marwah, Menyambut Tuah’. Dulu festival ini berlangsung tahunan. Namun sejak tiga festival terakhir, agendanya menjadi dua tahunan. Festival ini merupakan gawean DPP Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat.

Pukul tujuh malam, Senin (17/10), mendung perlahan mulai sirna. Ribuan orang berduyun memasuki stadion Kridasana, Singkawang. Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) menjadi magnet yang menarik masyarakat di seluruh penjuru Singkawang.

Sebagian ada yang menyaksikan prosesi pembukaan. Tertib dan khusuk. Sebagian ada yang berkutat di samping stadion, mencicipi beragam mainan dan kuliner yang dijajakan. Berjejal meriah. Ribuan kendaraan terparkir rapi mengelilingi stadion. Parkiran penuh. Juru parkir sumringah.

“Saya baru pertama kali melihat masyarakat Melayu berkumpul seramai ini,” ujar OSO, sapaan karib Oesman Sapta Odang dalam sambutannya. OSO juga mengajak masyarakat Melayu berperan aktif dalam membangun Indonesia.
Ucapan OSO mendapat pembenaran dari Hendri Lamiri yang juga kali pertama diundang dalam perhelatan akbar ini.

Ketua Umum MABM Kalimantan Barat, H. Chairil Effendy membuka sambutannya dengan mengajak hadirin bersedekah al fatihah bagi Dr. Gusti Suryansyah. Raja Landak yang baru beberapa hari lalu meninggal dunia. Ia juga mengucapkan terima kasih atas keberhasilan OSO menginisiasi Sail Selat Karimata, yang mengangkat Kalimantan Barat ke pentas dunia.

Sebagaimana acara pembukaan, apalagi festival seni budaya, maka puncak acaranya tak lain dan tak bukan ialah pagelaran seni kolosal. Tari hikayat Hang Tuah, tajuknya. Tarian indah yang diiringin gesekan maut dari senar violist kebanggaan Kalbar, Hendri Lamiri. Ribuan hadirin bergeming menikmati harmoni dari ratusan penari.

Tampak menyaksikan penampilan kolosal tersebut Wakil Gubernur, raja-raja dan para kepala daerah di Kalbar. Lafaz ‘Bismillahirrahmanirrahim’ dari mulut OSO menandai dimulainya festival yang diikuti 1300 peserta tersebut.

Selamat bertanding. Dengan menjunjung marwah, semoga mendapat tuah.

Written by Yaser Ace

propertipreneur | digitalpreneur | kulinerian

IMG 20161018 195100 890

Penggelapan Rp 8 M Dikuak Polres Sanggau

IMG 20161019 220241 829

Pesan Kapolri: Jangan Pamer dan Hidup Sederhana