Hari Ini Dialog Sastra Cinta Damai, Pas untuk Menjawab Sikon Kalbar - teraju.id
Home > Berita > Hari Ini Dialog Sastra Cinta Damai, Pas untuk Menjawab Sikon Kalbar
IMG_20170518_054218_193

Hari Ini Dialog Sastra Cinta Damai, Pas untuk Menjawab Sikon Kalbar

teraju.id, Pontianak – Pagi ini, Kamis (18/5/17) kegiatan dialog sastra cinta damai akan digelar FKPT-Forsas di Hotel Star. “Tema yang kita angkat dari BNPT/FKPT bekerjasama dengan Forum Sastra (Forsas) Kalimantan Barat adalah Sastra Cinta Damai, Cegah Paham Radikal,” ungkap Ketua Panitia Kegiatan, Pdt Daniel Alpius, M.Th.

Tema di atas sangat mengena dengan situasi kebangsaan saat ini termasuk Kalbar. Demikian karena wilayah dan daerah kita ini tak terlepas dari konteks politik, sosial, ekonomi dan budaya yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional.

Di Kota Pontianak telah hadir, narasumber pusat, masing-masing budayawan kesohor Joko Pinurbo yang akrab disapa Mas Jokopin. Juga sastrawan yang pernah mengabdi di Majalah Mingguan Tempo, Mas Eka Budianta. Karya sastra keduanya luar biasa sehingga banjir penghargaan nasional dan internasional.

Melalui kehadiran dua narasumber pusat ditambah narasumber lokal, Drs Yokobus Kumis, SH dari Dewan Adat Dayak dan Drs Musfeptial, M.Si peneliti sastra dan bahasa Balai Bahasa Kalbar kita berharap dapat membuka cakrawala warga, bahwa sastra itu indah dan berpotensi merekatkan kohesi sosial anak-anak bangsa di mana sekarang rentan retak. Termasuk meningkatkan toleransi, sekaligus menepis pengaruh radikal-terorisme. Hal ini amat sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia yang beragam agama, suku, bangsa dan bahasa.

“Dalam persiapan kegiatan ini kami berusaha berbuat yang terbaik. Mengundang lebih kurang 130 anggota komunitas seni-budaya, dan karya untuk apresiasi sastra,” tambah Daniel anggota FKPT yang juga FKUB Kalbar ini. (Nuris)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

Baca Juga:  Tidak Ada Bom Bukan Berarti Aman

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-14 at 13.55.58

Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru

terajut.id, Pontianak – Persiapan demi persiapan pelaksanaan pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mendatang, …