in ,

IAIN Pelopori Rumah Moderasi Beragama di Kalbar

WhatsApp Image 2018 09 28 at 21.23.28

teraju.id, Pontianak – Kampus Islam terbesar di Kalbar (IAIN Pontianak) mempelopori “Rumah Moderasi Beragama” di Kalimantan Barat. Rumah moderasi ini akan diresmikan besok, Sabtu, 29/9/18 pagi dirangkai dengan seminar nasional menghadirkan Kapolda Kalbar, Rektor IAIN Pontianak, Ketua FKUB Kalbar, Kementerian Agama RI dan Kakanwil Kemenag Kalbar.

Ketua Forum Komunikasi antar-Umat Beragama (FKUB) Dr Ismail Ruslan yang juga Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak menjelaskan bahwa kehadiran rumah moderasi beragama ini sangat penting dalam merawat serta memelihara kebersamaan di Kalbar. Apalagi Kalbar dikenal sebagai provinsi yang majemuk serta pernah berkali-kali mengalami konflik komunal.

Motto dari rumah moderasi tiada lain adalah “Pelopor”. Yakni pelopor moderasi beragama di Kalimantan Barat. Hal ini pula yang akan dikupas dalam seminar nasional dengan menghadirkan tokoh-tokoh sentral seperti Kementerian Agama, Rektor IAIN, Kapolda dan Kakanwil Kemenag, serta FKUB. Adapun tema sentral seminar adalah “Meneguhkan Kerukunan dalam Bingkai NKRI”. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Sultan Hamid II Anshari

Peranan Sultan Hamid II Sebagai Perancang Lambang Negara Diakui dalam Sertifikat Cagar Budaya Nasional

WhatsApp Image 2018 09 28 at 21.54.53

Kapolda Bongkar 3 Kasus Sabu Seberat 3.2 Kg, 9 Tersangka, Seorang Wanita dan Warga Binaan Lapas