in ,

IAIN Pontianak sebagai Percontohan Pengembangan Budaya Literasi

IMG 20171128 155740 820

Oleh: Mita Hairani

Kementerian Agama mengundang IAIN Pontianak untuk berpartisipasi dalam pameran pendidikan internasional yang diselenggarakan di BSD City Tanggerang, tepatnya di International Convention Exhibition (ICE). Alhamdulillah saya salah satu mahasiswa yang beruntung terpilih sebagai salah satu penjaga stan di sana mewakili Club Menulis IAIN Pontianak.

Selain diisi oleh perguruan tinggi Islam, acara ini juga diramaikan oleh sekolah-sekolah Islam, mulai dari madrasah ibtidaiyah hingga madrasah aliyah. Tak tertinggal beberapa bank nasional seperti BRI , Mandiri dan bank Indonesia. Beberapa perguruan tinggi luar negeri, serta kedutaan asing, juga ikut pameran. Pameran ini merupakan salah satu event terbesar yang dilaksanakan oleh Kemenag karena mengikutsertakan ratusan stan yang berasal dari seluruh Indonesia serta luar negeri.

Selain buku dan jurnal, banyak stan yang menawarkan produk lain sebagai ciri khas daerahnya, seperti kain ulos, buku karya dosen, makanan khas, dan sebagainya. Stannya dihias secantik dan sekeren mungkin untuk menarik minat pengunjung, bahkan banyak penjaga stan yang menggunakan pakaian tradisional daerahnya.

Stan kami, stan IAIN Pontianak dibanjiri pengunjung buku buku dan kaset lokal dipajang dengan indah di dinding agar mudah dilihat pengunjung. Selain buku karya dosen, IAIN Pontianak juga memperkenalkan puluhan buku karya mahasiswa serta kolaborasi mahasiswa dan dosen baik bergenre fiksi maupun non fiksi, beberapa buku sudah dibuatkan hakinya (hak atas kekayaan intelektual). Menariknya stan kami juga menampilkan buku-buku dan karya hasil penelitian mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan Kampung Riset, salah satu program unggulan di IAIN Pontianak.

Club menulis IAIN Pontianak menyumbangkan banyak buku tentang lokal Kalimantan Barat yang diproduksi secara mandiri. Ini merupakan salah satu hal yang menarik perhatian penguniung hingga stan kami menuai banyak pujian karena produktivitasnya. Bahkan ada beberapa pengunjung yang ingin menjadikan IAIN Pontianak sebagai contoh pengembangan budaya literasi di daerahnya.

Inilah yang membuat saya bangga menjadi mahasiswa IAIN Pontianak dan anggota Club Menulis. (*)

Written by teraju

IMG 20171128 074701 784

Pagi yang Dingin

IMG 20171128 155809 301

Temet Menyatukan Keluarga