in , ,

Ignition Digital Preneur ala Polnep

IMG 20161121 082924 679

teraju.id, Politeknik Negeri Pontianak— Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara dengan potensi yang luar biasa untuk perkembangan bisnis startup digital. Berbagai startup digital yang sukses di level nasional seperti gojek, traveloka, dan Angkuts mencerminkan bahwa enterpreneurship atau kewirausahaan sekarang sudah menuju—dan semakin tidak bisa terpisahkan dari teknologi informasi.

Hal ini yang menjadi latar belakang himpunan mahasiswa akuntansi Polnep untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa Pontianak dalam memahami startup digital. Bekerja sama dengan Pontianak Digital Stream dan binaanya PT. Angkuts Kreatif Indonesia, Minggu 20 November 2016 dilaksanakan Digital Preneurship Inspiring Talk yang merupakan pemanasan alias ignition dari rangkaian membentuk sebuah startup yang siap masuk dalam ekosistem digital.

“Jangan banyak mikir, mulailah melangkah,” ujar Hermawan dalam penyampaian materi “Membangun Pemahaman Startup Digital” pada peserta inspiring talk. Alumnus pesantren yang saat ini menjadi direktur Pontianak Digital Stream, wadah talenta lokal untuk mewujudkan ekosistem teknologi informasi dan smart city di Pontianak dan Kalimantan Barat.

Think Global Act Local
Filosofi startup digital itu mudahnya kita analogikan dari petani yang bekerja di desa namun dampaknya hingga ke kota. Karena ketika sudah terintegrasi dengan teknologi internet, maka jangkauan pasar adalah seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna internet adalah separuh dari total populasi pada tahun 2015.

Turut menjadi fokus dalam ignition ini adalah bagaimana membangun bisnis berbasis pemecahan masalah. “Di Jakarta, tukang ojek saja bisa berpenghasilan 5 hingga 6 juta perbulan kerena terorganisir dalam sebuah aplikasi. Maka Angkuts di masa akan datang harus bisa mengorganisir para pemulung di balik misi mengurangi timbunan sampah di Pontianak,” ujar Muhammad Hafiz Waliyuddin, inventor Angkuts, startup lokal Pontianak yang berbasis aplikasi.

Ekosistem startup digital di kota Pontianak sudah sangat baik. Dukungan pemerintah kota, maupun fasilitasi dari Pontianak Digital Stream bisa menjadi motivasi untuk membuat sebuah startup. (Meiry)

Written by teraju

IMG 20161119 144029 612

Kebakaran Kantor Bupati Melawi, Kapolres Datangkan Tim Puslabfor

WhatsApp Image 2016 11 22 at 11.40.17

Gali Bakat Mahasiswa Baru Lewat Communication Week 2016