in , ,

ILBI Sukses Gelar Gawai Bahasa Ibu

bahasa ibu

teraju.id, Pontianak – Kegiatan Gawai Bahasa Ibu yang diselenggarakan oleh Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu (ILBI) berpusat di Kompleks Rumah Melayu tanggal 20—21 Februari 2017 berjalan dengan sukses dan lancar. “Kegiatan Gawai Bahasa Ibu ini untuk menggugah kesadaran masyarakat umum agar lebih dekat dengan bahasa lokal etnik Kalimantan Barat dan bahasa etnik lain yang ada di Indonesia. Selain itu, kami ingin mengenalkan bahasa-bahasa lokal Kalbar ke pentas dunia melalui media sosial dan insyallah melalui chanel Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu di Youtube,” ujar Dedy Ari Asfar selaku pendiri dan penggagas Gerakan Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu.

Selama dua hari Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu bekerja sama dengan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalbar, MABM Kota Pontianak, Balai Bahasa Kalbar, Asosiasi Tradisi Lisan Kalbar, Pass, Pustaka Rumah Aloy, dan Projectil Production membuat acara bedabol, bekesah, dan dialog bahasa ibu bagi komunitas, mahasiswa, dan pegiat bahasa serta budaya di Kalbar.
“Mudah-mudahan melalui gerakan ini terbangun kesadaran dan kebanggan terhadap bahasa ibu dan tradisi lokal yang ada,” tegas Dedy Ari Asfar yang juga bekerja di Balai Bahasa Kalimantan Barat ini.

Ada sekitar 102 orang sukarelawan yang bersedia menampilkan bedabol dan bekesah, baik secara berkelompok maupun individu. Bahasa-bahasa yang digunakan adalah Melayu Pontianak-Kubu Raya-Mempawah, Sambas, Sukadana, Ketapang, Sekadau, Sintang, Selimbau, dan Melayu Putussibau-Semitau; Dayak Banyadu, Kanayatn, Bemak, Badameo, Badamea, Simpang, Bakati, Bakaeh, Kantuk, Jawatn, Ulu Sekadau, dan Ketungau Sesat; bahasa lain Madura, Bugis, Sunda, dan Jawa.

Lebih lanjut Dedy Ari Asfar mengemukakan kegiatan ini juga sebagai upaya mengapresiasi kontribusi para sukarelawan Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu. Menurut Dedy selama ini para sukarelawan sudah ada yang menyumbang kosakata dan istilah yang disebarkan melalui fansfage FB Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu.
“Ini kegiatan yang pertama, insyallah kita akan menggandeng lebih banyak lagi pihak lain untuk berpartisipasi dalam Gawai Bahasa Ibu II tahun depan,” jelas Dedy Ari Asfar.

Written by teraju

Chairil Effendi

Ketua MABM Kalbar: Deklarasi Gerakan Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu untuk NKRI

IMG 20170301 135438 111

Pontianak “Kotaku” Berantas Kekumuhan