in

Kabaharkam: Malaysia-Indonesia Kerjasama Atasi Kejahatan Lintas Negara

WhatsApp Image 2018 10 30 at 05.31.21
Kabaharkam Polri Komjen (Pol) Drs. Moechgiyarto

teraju.id, Pontianak – Kabaharkam Polri Komjen (Pol) Drs. Moechgiyarto di Pontianak, 29/10/18 mengemukakan bahwa General Border Committee (GBC) Malindo merupakan kerjasama pemerintah Indonesia dengan Malaysia terkait dengan masalah perbatasan wilayah.

“Khusus kerjasama Kepolisian Malaysia dan Indonesia dalam hal penanganan kejahatan lintas batas negara diwadahi dalam Joint Police Cooperation Committee (JPCC),” ungkapnya.

Selanjutnya, ditindaklanjuti dengan kegiatan Maritime Border Patrol Coordinating Group (MBPCG) yang merupakan wujud kerjasama Kepolisian di perbatasan perairan 2 (dua) negara antara Ditpolair Baharkam Polri dengan Pasukan Polis Marin PDRM, dalam rangka kerjasama di perairan perbatasan dengan tujuan untuk mencegah kejahatan lintas negara (trafficking in person, terrorism, people smuggling, narkotika, perdagangan senjata, dll.), penyelundupan komoditi dan perikanan, pembajakan kapal dan search and rescue (SAR).

Lebih jauh Kabaharkam Polri Komjen (Pol) Drs. Moechgiyarto mengemukakan, selain mencegah kejahatan juga dilakukan pelatihan bersama, antara lain pelatihan patroli, pemeriksaan dan penyergapan kapal, komunikasi, penyelidikan dan penyidikan.

“MBPCG pertama kali dilaksanakan sejak tahun 2015 di Kuala Lumpur, kemudian yang kedua di Medan tahun 2016, ketiga dilaksanakan di Penang tahun 2017 dan kali ini yang keempat dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat,” paparnya.

Pertemuan MBPCG dilakukan dari tahun ke tahun, dengan kegiatan rendezvous, patroli terkoordinasi, information sharing, kunjungan operasional, pelatihan bersama, pemantauan patroli udara di perbatasan dan kerjasama penyelidikan dan penyidikan.

Lebih lanjut Moechgiyarto menambahkan, bahwa peserta MBPCG ke-4 selain Korpolairud Baharkam Polri juga melibatkan beberapa Ditpolair Polda yang memiliki perbatasan, yaitu: Polda Aceh, Sumut, Riau, Kepri, Kalbar dan Kaltara. (r/cucu)

Written by teraju

WhatsApp Image 2018 10 30 at 05.22.32

Musuh Bersama di Perairan Indonesia-Malaysia: Perdagangan Manusia, Penyelundupan dan Invasi Nelayan Vietnam, Kamboja-China

WhatsApp Image 2018 10 30 at 05.34.41

Pontianak Tuan Rumah “Maritime Border Patrol Coordinating Group”