in ,

Muhammadiyah Kalbar Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

IMG 20170115 050248 208

teraju.id, UMP— Bertempat di Aula Lantai III Universitas Muhammadiyah Pontianak, sekitar 60 peserta dari organisasi otonom dan amal usaha Muhammadiyah siap mengikuti pelatihan jurnalistik dasar.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dari 15-17 Januari 2017, dengan tujuan mendidik SDM Muhammadiyah dalam menulis berita sekaligus bekal menulis sejarah Muhammadiyah di Kalimantan Barat,” ujar Muhammad Hidayat, selaku ketua panitia pelaksana.

Lebih lanjut, Hidayat menjelaskan kegiatan ini diisi oleh jurnalis berpengalaman dan senior dari Kalimantan Barat. Ada Kepala Biro Antara Teguh Imam Wibowo yang mengajarkan penulisan straight news dan soft news, Aries Munandar Media Indonesia berbagi ilmu tentang feature, dan Nur Iskandar jurnalis senior pendiri media daring teraju.id akan berbagi pengetahuan dan pengalaman menulis sejarah dan biografi.

Selain itu, pelatihan ini juga menghadirkan narasumber dari kalangan praktisi fotografi dan video Teguh Firmansyah, ahli TI dan media sosial Yaser dan Agus Fitriangga, serta cendekiawan Muhammadiyah sekaligus Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar Dr. Ikhsanuddin yang akan berbagi pengetahuan menulis opini.

“Mudah-mudahan peserta mendapatkan pengetahuan berguna sebagai bekal menulis segala hal tentang Muhammadiyah Kalbar,” ujar Tio Santoso, Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) saat ditanya tentang pelatihan jurnalistik dasar ini.

Pelatihan ini merupakan program kerja Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PWM Kalbar yang menggandeng Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) untuk bersama-sama membangun budaya literasi dari dalam Muhammadiyah. “Tema pelatihan ini adalah Merekam Jejak Muhammadiyah Kalbar dengan Tulisan,” ujar Dedy Ari Asfar, Ketua MPI PWM Kalbar.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan usaha untuk mengembangkan sinergisitas sumber daya teknologi informasi, pustaka, dan media sebagai sistem gerakan dan amal usaha di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah.

“Kami berharap pelatihan jurnalistik dasar ini akan melahirkan komunitas penulis Muhammadiyah Kalbar yang akan beraksi menulis segala hal tentang Muhammadiyah dan Bumi Kalimantan Barat dengan segala isinya,” tegas Dedy yang juga dikenal sebagai penulis ini. (rilis)

Written by teraju

IMG 20170114 051340 708

Polda Kalbar Bongkar Prostitusi Online

IMG 20170116 045224 096

Polres Sanggau Amankan 7 Orang Pejudi Berkat Informasi Melalui Facebook