Prof Ismunandar: Masa Depan Indonesia Cerah - teraju.id
Home > Berita > Prof Ismunandar: Masa Depan Indonesia Cerah
IMG_20190208_201347

Prof Ismunandar: Masa Depan Indonesia Cerah

teraju.id, Jakarta – Guru besar termuda ITB bidang kimia yang kini dirjen di Kemenristekdikti, Prof Ismunandar tampil di sesi dialog mengenai global citizenship. Ia meyakinkan bahwa masa depan Indonesia cerah, tergantung bagaimana menyiapkan generasi mudanya.

“Global citizenship itu intinya bagaimana kita bisa berperan aktif secara global dengan landasan kesetaraan,” ujar pria yang pernah menjadi atase pendidikan dan kebudayaan di KBRI Washington DC.

Menyoal bonus demografi, Ismunandar berharap generasi muda bisa menguasai revolusi 4.0. “Di era orde baru istilah revolusi 4.0 ini sama dengan era tinggal landas,” ungkapnya seraya bercanda. Bahwa setiap pejabat pidato tentang revolusi industri 4.0 sama dengan dulu menyebut era tinggal landas.

Era industri 4.0 dan society 5.0 berwujud literasi big data dan kecanggihan teknologi. “Pahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi, program dan kode.”

Di atas itu semua, literasi manusia adalah tuan yang memimpin. Human capacity sangat diperlukan. “SDM 4.0 tidak hanya cukup gelar sarjana. Dunia perlu skill bagi masa depan.”

Kompetensi untuk berinteraksi secara global itulah yang menjadi poin utama global citizenship. (kan)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

WhatsApp Image 2019-02-16 at 10.19.51

AMSI Payungi Pegiat Media Siber Indonesia

teraju.id, Pontianak – AMSI menjadi payung hukum organisasi bagi pegiat siber untuk tumbuh profesional serta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *