Siswa Kreatif Pembuat Film Pendek Deradikalisasi - teraju.id
Home > Berita > Siswa Kreatif Pembuat Film Pendek Deradikalisasi
Kiri ke kanan: Siswa finalis lomba film pendek BNPT dari Lampung, Pontianak dan Jawa Tengah
Kiri ke kanan: Siswa finalis lomba film pendek BNPT dari Lampung, Pontianak dan Jawa Tengah

Siswa Kreatif Pembuat Film Pendek Deradikalisasi

teraju.id, Yogyakarta – Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) menyeleksi film pendek terbaik dengan tema deradikalisasi di Yogyakarta.

Kepastiansiapa pemenang dari 10 finalis yang tersaring dari 500-an karya di meja panitia dengan keterlibatan SMA/sederajat dilakukan malam hari ini, Jumat, 8/12/17. Hadiah utama puluhan juta rupiah berikut bingkisan.

Dari Kalbar, satu tim film pendek berhasil menembus final. Tepatnya karya berjudul Sang Saka dari SMAN 4 Kota Pontianak. Hanya saja, dari banyak kru yang mengerjakan film pendek tersebut, hanya seorang yang difasilitasi BNPT untuk tampil di babak final.

Pelajaryang bersangkutan tampil presentasi di hadapan tim juri. Pelajar yang lolos babak final juga dilatih kembali membuat film selama hampir seminggu di Jogja.

“Saya sudah lima hari di sini. Kemarin kegiatan dipusatkan di Swiss Belinn Hotel. Hari ini kami pindah di Eastparc untuk acara puncak Anugerah Indonesia Damai,” ungkap Ryan, dari SMAN 4 Pontianak.

Ryan didampingi guru pembina dari SMAN 4. “Bu guru berada di hotel lain. Insya Allah ikut bergabung di acara puncak nanti malam,” kata Ryan.

BNPT menyelenggarakan lomba film pendek bertema deradikalisasi sejak dua tahun terakhir ini. Siswa-siswi kreatif dilatih membuat film pendek. Pelatihan dilakukan bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di seluruh provinsi di Indonesia. Hasil karya mereka ditantang dengan lomba bertaraf nasional. Seperti yang diikuti siswa-siswi SMAN 4 Pontianak.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

Baca Juga:  Deklarasi Damai Ambil Momentum Budaya Ngopi

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

Pontianak Blogger Community

Kopdar Blogger Pontianak Zero To Hero di Aula Telkom

teraju.id, Aula Telkom— Dewasa ini Blogger sudah berubah nama menjadi profesi blog bukan lagi nama …