Pawai Literasi, KBF, dan Gairah Perbukuan di Kalbar - teraju.id
Home > Berita > Pawai Literasi, KBF, dan Gairah Perbukuan di Kalbar
WhatsApp Image 2017-11-05 at 15.44.24

Pawai Literasi, KBF, dan Gairah Perbukuan di Kalbar

Oleh: Yusriadi

Ahad, 5 November 2017, Balai Bahasa Pontianak menggelar Pawai Literasi. Pawai diikuti 200-an peserta dari berbagai unsur. Ada pelajar, mahasiswa, pegawai, komunitas perbukuan, dan para penulis.

Rombongan pawai bergerak dari Kantor Balai Bahasa, melintasi area car free day, hingga depan Masjid Mujahidin. Rombongan dengan bentangan spanduk dan poster telah menarik perhatian publik. Warga berhenti atau memalingkan wajah untuk melihat rombongan yang lewat dan mendapat jawaban seketika dari atribut yang dikenakan peserta.

Fakta ini menunjukkan bahwa pesan yang ingin disampaikan penyelenggara diterima oleh warga. Selanjutnya terpulang bagaimana warga memberikan responnya.

Menariknya, pada saat yang sama, warga Kalbar juga diajak untuk berliterasi melalui kegiatan Kalbar Book Fair (KBF) 2017. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Provinsi Kalbar di Rumah Radakng Pontianak. Jarak kedua tempat itu hanya 2 kilometer saja. Kegiatan KBF dilaksanakan 1-7 November 2017.

Bursa buku dan minat warga yang datang mensinergikan keduanya dalam pengembangan budaya literasi. Ketertarikan warga yang datang — jumlahnya ribuan orang, sekaligus pilihan mereka membeli buku –satu orang bahkan ada yang membeli 10an buku, merupakan potensi pengembangan budaya itu.

Kini, optimisme tentang budaya literasi di Kalbar, membuncah. Memantik harapan untuk melihat orang-orang Kalbar menjadi pembaca. Walhal, kelak wawasan orang-orang Kalbar akan semakin luas, dan mereka menjadi orang-orang cerdas.

Baca Juga:  Hilda, Sosok di Balik Suksesnya 500 Penari pada MTQ XXVII Kalbar

Pada sisi yang lain, budaya itu akan menambah gairah para penulis dan dunia perbukuan di daerah ini. Pasti akan lahir para pekarya yang menyediakan bahan untuk mendukung budaya literasi.

Ayolah, mari kita berpartisipasi dalam proses itu. Berpartisipasi sesuai kemampuan dan keadaan masing-masing. Mari satukan potensi dan kekuatan!. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Yusriadi

Dosen pengampu Bahasa Indonesia. Ia juga pernah mengampu mata kuliah Jurnalistik dan sejenisnya. Gelar doktor ia peroleh di Universiti Kebangsaan Malaysia. Selain dosen, ia juga aktif di salah satu media online Kalimantan Barat sebagai Redaktur.

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-14 at 13.55.58

Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru

terajut.id, Pontianak – Persiapan demi persiapan pelaksanaan pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mendatang, …