Pengamat Politik Sarankan Balon Walikota Pontianak Mengukur Diri dengan Prestasi Sutarmidji - teraju.id
Home > Berita > Pengamat Politik Sarankan Balon Walikota Pontianak Mengukur Diri dengan Prestasi Sutarmidji
IMG-20170425-WA0003

Pengamat Politik Sarankan Balon Walikota Pontianak Mengukur Diri dengan Prestasi Sutarmidji

teraju.id, Untan – Bertumbuhnya bakal calon (balon) walikota Pontianak seperti terlihat di baliho-baliho sekeliling kota, termasuk yang masih desas-desus di kalangan parpol maupun diskusi komunitas menggelitik perhatian pengamat politik dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Untan, Dr Jumadi, S.Sos, M.Si.

Menurutnya balon-balon walikota semakin banyak sebenarnya memang semakin baik, sehingga banyak pilihan. Namun terlepas dari itu semua, balon-balon walikota punya hak untuk unjuk diri menjadi kandidat Pontianak-1 periode 2018-2023 sebagai ajang sosialisasi.

Kota Pontianak tumbuh dengan pesat dengan penataan yang semakin apik di bawah kepemimpinan H Sutarmidji, SH, M.Hum. Banyak infrastruktur sosial dan ekonomi terbangun. Banyak pula prestasi telah dicapai. Masyarakat melihat dengan mata kepala sendiri serta turut merasakan manfaat pembangunan.

“Bagi saya, saran kepada siapa saja yang mau maju sebagai balon walikota, adalah menjawab satu pertanyaan. Jika pertanyaan ini mampu dijawab, ya silahkan lanjut,” ungkap Jumadi saat ditemui di Fisipol Untan.

Pertanyaan apakah itu? Sederhana saja, kata Jumadi. “Yakni apakah yang bersangkutan bisa lebih baik dari kepemimpinan Sutarmidji?” tegas Jumadi seraya senyum. Tentang arti senyumnya, Jumadi kemudian menambahkan, “Kalau tidak bisa lebih baik karena kepemimpinan adalah proses dan mesti diberikan kesempatan, ya minimal samalah. Kalau tidak, tentu saja buang waktu, energi dan biaya yang tidak murah.”

Untuk itu kepada para balon walikota yang telah menunjukkan keinginannya, Jumadi menyarankan agar menunjukkan bukti kinerja di tengah masyarakat. Demikian jika figur bersangkutan serius untuk memimpin Kota Pontianak pada perhelatan Pilwako 2018 serta perjuangannya tidak sia-sia.

Baca Juga:  Panitia PKKMB Faperta Untan Kompak

Sutarmidji sebagai tolak ukur seperti dimaksud Jumadi adalah pemimpin Kota Pontianak dua periode. Sebelumnya Sutarmidji adalah wakil walikota mendampingi dr H Buchary A Rachman. Ia sebelumnya juga telah menimba ilmu politik dan pembangunan lewat keterpilihannya sebagai wakil rakyat asal Partai Persatuan Pembangunan di DPRD Kota. Sutarmidji sebelumnya adalah PNS dan dosen di Fakultas Hukum Untan. Dengan demikian pengalaman dan pengetahuannya memadai untuk dapat amanah dari warga Kota untuk menjadi orang nomor satu.

“Manusia tentu ada lebih dan kurangnya. Termasuk Pak Sutarmidji. Namun profil Sutarmidji memimpin kota yang berlimpah prestasi nasional akan jadi parameter bagi pemilih untuk Pilwako 2018. Minimal orang mengukur setiap balon dengan sosok Sutarmidji. Itu pasti. Maka setiap balon sebaiknya mengukur diri dengan parameter sederhana tersebut,” saran Jumadi. (Nuris)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Check Also

IMG_20180714_171755_834

Lemahnya Infrastruktur Daerah Memicu Yessy Maju ke Senayan

teraju.id. Melawi – Asupan keluarga sejak kecil membuat Yessy Melania dekat dengan dunia politik. Wanita …