in , ,

Pontianak eCommerce Day

IMG 20170222 172029 934

teraju.id, Bank Indonesia Kalbar – Perubahan ekonomi indonesia telah melalui rezil rezim fase fase hingga ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor andalan ekonomi Indonesia. Sektor ekonomi Indonesia pun telah berada dalam ekosistem ekonomi digital sehingga bisnis tradisional perlahan bergerak menjadi bisnis eCommerce. Untuk itu Pontianak Digital Stream bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pontianak, Polisi Daerah Kalimantan Barat dan Bank Indonesia menyelenggarakan Pontianak Ecommerce Day bertempat di Aula Bank Indonesia Kalimantan Barat.

Acara ini dibuka dengan dengan keynotespeaker LETJEN (purn) Prof. Dr. Syarifudin Tippe, M.Si ini bertujuan menambah wawasan mengenai dunia eCommerce baik tips dan trick, kebijakan pemerintah, transaksi dan keamanannya. Lebih jauh dalam pidato kuncinya, guru besar Fakultas Ekonomi UNJ ini memaparkan bahwa tren dunia digital sekarang menjadi jawaban atas permasalahan ekonomi dunia setelah era mesin revolusi industri, era perburuan minyak dan era kapitalisme.

Pontianak eCommerce Day merupakan gerakan pemanasan atau ignition dari upaya mewujudkan ekosistem ekonomi digital di kota pontianak yang dihadiri oleh 300 peserta-pengusaha dan calon pengusaha, secara umum memaparkan potensi, strategi dan pemanfaatan teknologi untuk ekonomi, serta strategi dan upaya antisipasi dari permasalahan eCommerce Indonesia, yang dalam hal ini adalah Cybercrime.

Turut Hadir Dwi Sulasmanto, Direktur Bank Indonesia dengan pemaparan Financial Technology dan hubungannya dengan eCommerce. dan Kapolresta Pontianak Kombes Pol Iwan Imam Susilo.

Pasar Tak Terhingga

Sejak 2014 hingga akhir 2016 jumlah pengguna internet aktif di indonesia tumbuh 50 juta pengguna baru hingga menjadi 134 juta pengguna. Angka ini disumbang oleh 1 juta pengguna di Kalbar dan lebih spesifik 100 ribu pengguna di Pontianak. “Bayangkan betapa besarnya target konsumen jika pengusaha pontianak mulai membuka bisnis berbasis eCommerce. 100 ribu berbanding 134 juta” ujar Hajon Mahdi.
“Tantangan dan tugas besar bagi kita semua dalam membantu mewujudkan cita-cita presiden Jokowi dan Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi digital di Asia Tenggara” Ujar Hermawan, Direktur PDS siap mendampingi.

Tidak sekedar seminar, Pontianak eCommerce day hari ini akan wujudkan diikuti rangkaian workshop, bootcamp, dan inkubasi dalam mengembangkan startup-startup di Pontianak.
*meiry dintia arini

Written by teraju

IMG 20170222 150159 763

Hamdan Zoelfa Staf Ahli BNPT

IMG 20170223 073404 987

“Bahasa Ibu, Bahasa Damai dan Kasih Sayang”