in ,

PW NU Kalbar Gelar Silaturahim

IMG 20170812 224626 409

teraju.id, Pontianak – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Kalbar menggelar kegiatan silaturrahim pengurus wilayah dan pengurus cabang. Pertemuan digelar di Hotel Grand Mahkota Pontianak, Sabtu (12/8/2017).

Diawali dengan pembacaan Alquran dan dilanjutkan Selawat Badar, lagu Indonesia Raya, doa laporan dan sambutan.

Pada kesempatan silaturahim itu, Sekretaris PW NU Kalbar, Hasyim Hadrawi dalam laporannya mengatakan perkembangan kegiatan semester pertama NU Kalbar tahun 2017-2022. Kegiatan yang dimaksud adalah penataan internal organisasi dan eksternal.

NU Kalbar juga membentuk lembaga, yaitu Lembaga Ekonomi, Maarif dan Lembaga Ta’lif wan Nasyr. NU fasilitasi pertemuan ulama di Kalbar dengan presiden di Pontianak, pertemuan tokoh agama, dll.

Selain laporan perkembangan PW NU Kalbar, juga disampaikan tentang rencana ketua PW NU Kalbar, Hildi Hamid, maju dalam Pilkada Kalbar 2018, serta instruksi PB NU soal kebijakan Full Day School.

Hildi mengatakan silaturahmi ini bagian dari respons PW NU terhadap instruksi PB NU terhadap full day school. Hildi melihat ada yang aneh dalam kebijakan Menteri Pendidikan ini karena tidak melibatkan kepala daerah. Penerapan sekolah dengan full day school memerlukan keputusan gubernur dan bupati. Menurut ramalannya, setelah kebijakan ini akan ada surat dari Menteri Dalam Negeri.

“Kebijakan ini juga nampaknya salah kamar, karena ada kebijakan-kebijakan Kementerian Agama yang diambil,” katanya.

Selain itu dia mengharapkan penolakan ini tidak menimbulkan bentrokan karena ada implplikasi di balik sikap menolak ini. Katanya kebijakan ini banyak mudaratnya terutama terhadap lembaga pendidikan agama.. Madrasah yang banyak dikelola orang NU yang banyak terpapar dampaknya. Anak-anak dituntut untuk berpikir atau belajar sampai lewat tengah hari. Berat juga untuk orang tua dalam hal menyiapkan makan siang bagi anak mereka.

Hildi juga menyampaikan rencananya maju dalam Pilgub mendatang, jika mendapat dukungan NU dan masyarakat.
Setelah paparan Hildi, dilanjutkan dialog. Dialog dipandu pengurus NU Kalbar Drs. Jipridin, M.Si. (y)

Written by Yusriadi

Redaktur pada media online teraju.id dan dosen IAIN Pontianak. Direktur Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak. Lulusan Program Doktoral ATMA Universiti Kebangsaan Malaysia, pada bidang etnolinguistik.

IMG 20170811 065950 356

KEP Journalism Fellowships Goes to Kuching

WhatsApp Image 2017 08 15 at 09.47.34

Guru Ketapang Luncurkan Buku “Pungguk Merindukan Bulan”