in ,

Segedong Meriahkan HUT ke-72 RI dengan Permainan Tradisional

IMG 20170822 085221 283

Oleh : Nurhasanah

Hari kemerdekaan tak luput dengan adanya perlombaan di berbagai kalangan masyarakat. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang mengadakan dan mengikuti perlombaan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Segedong, Mempawah, berbagai perlombaan dilaksanakan di kecamatan tersebut. Salah satu kampung yaitu di Gedung Intan juga ikut meriahkan hari yang sangat bersejarah ini. Perlombaan yang diadakan kampung ini adalah permainan tradisional yaitu telok buaya. Awalnya panitia yang kebetulan anak-anak dari IAIN Pontianak yang sedang Kuliah Kerja Lapangan (KKL) diminta oleh masyarakat untuk mengadakan lomba Telok Buaya tersebut. Permainan sudah tak pernah lagi dimainkan itu membuat panitia kebingungan karena rata- rata dari mereke baru pertama mendengar permainan tersebut. Namun berkat bimbingan dari remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak akhirnya perlombaan ini dapat terlaksana dan sangat disenangi oleh peserta dan penonton, mereka yang pernah memainkan permainan tersebut ikut bernostalgia melihat keseruan para peserta lomba yang sedang bertanding.
Keseruan permainan tersebut juga dirasakan oleh panitia, di akhir perlombaan panitia juga bermain dengan melawan para remaja yang sewaktu kecil pernah memainkan telok buaya tersebut, walaupun akhirnya dimenangkan oleh panitia penyelenggaraan perlombaan.
“Permainan tradisional memang seru,” tutur Sultan, mahasiswa, yang memang pertama kali memainkan permainan tersebut. (*)

Written by teraju

IMG 20170821 111616 652

Ekonomi Jongkong Menggeliat

WhatsApp Image 2017 08 22 at 12.13.26

KEP’s Patriotisme Gelar Lomba Baca Puisi dan Ranking 1