Sekretaris Fraksi Nasdem Desak Pemerintah Atasi Abrasi - teraju.id
Home > Berita > Sekretaris Fraksi Nasdem Desak Pemerintah Atasi Abrasi
IMG_20180806_155047_258

Sekretaris Fraksi Nasdem Desak Pemerintah Atasi Abrasi

teraju.id. Mempawah – Sekretaris Fraksi Partai Nasdem DPR RI, H Syarief Abdullah mendesak pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR segera mengatasi abrasi pantai di Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Beberapa titik lokasi di desa Sungai Bundung Laut, Sungai Duri 1 dan Sungai Duri 2, abrasi sudah mengancam ruas Jalan Nasional Pontianak-Sambas.
Ditemani Anggota DPRD Kabupaten Mempawah, H Anwar, SPd, SH, MH serta didamping Camat Sungai Kunyit, Iwan Supardi, Kades Sungai Bundung Laut Mulyadi, Kades Sungai Duri Dua Suhaimi dan Kades Sungai Duri Satu Suryani serta sejumlah Staf Satker Kemen PUPR, Anggota Komisi V DPR RI meninjau langsung beberapa titik lokasi abrasi tersebut.

“Kita lihat besarnya gelombang laut membuat abrasi pantai ini tinggal beberapa meter lagi menyentuh ruas jalan nasional,” papar Abdullah.

Tentu, hal ini dikatakan legislator asal dapil Kalbar ini perlu ditangani segera. “Yang sudah ada balok-balok penahan gelombang ini sudah efektif mencegah abrasi. Ada beberapa titik masih terlalu rendah dan bercela sehingga bisa dihempas gelombang, ini yang membuat cekungan dan semakin dekat dengan jalan raya yang merupakan urat nadi ekonomi Kalbar. Ini kita minta ditindak segera minimal di tahun ini atau 2019,” pinta Abdullah.

Mengenai adanya celah antara balok-balok penahan gelombang yang menjadi pintu keluar masuk nelayan, sosok familiar ini langsung berbicara dengan para nelayan yang berada di lokasi.

Baca Juga:  LPTQ Gelar Rapat Persiapan MTQ Kalbar ke-27 di Mempawah

“Nelayan mendukung celah-celah itu ditutup. Bisa jadi desainnya dibuat leter U atau bagaimana sehingga keinginan nelayan untuk menambat kapal-kapal motor atau sampan mereka bisa terpenuhi, di satu sisi kita bisa mencegah abrasi semakin meluas,” urai Abdullah.
Camat Sungai Kunyit dan para Kades yang mendampingi sangat berterimakasih atas kunjungan langsung anggota DPR RI ini.

“Kami melalui Pak Syarief Abdullah meminta agar abrasi ini bisa mendapatkan perhatian segera dari pemerintah pusat. kerusakan pantai sudah hampir ke jalan raya. Kami sangat berterimakasih atas perhatian Pak Syarief yang meninjau langsung dan membawa staf dari Balai SDA Kemen PUPR,” ucap Sekretaris Fraksi DPRD Mempawah, H Anwar.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

WhatsApp Image 2018-08-19 at 14.34.05

Rapat ISNU Kalbar

teraju.id, Pontianak – Rapat pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalimantan Barat diselenggarakan di sekretariat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *