Ternak Hasil Inseminasi Dikonteskan - teraju.id
Home > Berita > Ternak Hasil Inseminasi Dikonteskan
img_20161017_214632_111

Ternak Hasil Inseminasi Dikonteskan

teraju.id, Sukadana— Kabupaten Kayong Utara tepatnya di Kecamatan Sukadana mengadakan kontes ternak hasil inseminasi buatan dan tanam serempak (16/10). Kegiatan ini merupakan acara yang pertama kali diselenggarakan se kecamatan Cimanghir dan Teluk Batang.

Menurut Agus Suhendra, selaku ketua panitia, sebenarnya panitia mengundang seluruh warga di kabupaten agar dapat ikut berpartisipasi tapi karena akses kecamatan yang relatif jauh sehingga membuat beberapa pemilik ternak takut untuk membawa ternaknya pergi jauh. Mereka khawatir terjadi apa-apa di jalan. Jadi kebanyakan peserta yang ikut kali ini hanya peserta yang dekat saja.

Selain kegiatan kontes sapi, panitia juga mengadakan keswan atau kesehatan hewan. Kegiatan keswan ini nantinya akan melayani sapi-sapi yang ikut berpartusipasi dalam kegiatan ini.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah yang pertama untuk menunjukkan bahwa kegiatan inseminasi buatan di Sukadana ini sudah dilaksanakan dan cukup berkembang dan hampir 90% sudah melaksanakan suntik inseminasi, tujuan kedua yaitu untuk merangsang para petani agar dapat meningkatkan kualitas peternakannya.

Kategori ternak yang diperlombakan dalam kontes ternak ini ada dari berbagai jenis sapi yaitu, sapi jenis limosin, simental, dan sapi bali, sapi yang diikutsertakan pun hanya dari anak sapi dan induknya.

Pemenang dalam kontes ini nantinya akan mendapat piagam serta akan diberikan hadiah uang supaya para peserta bersemangat untuk ikut berpartisipasi di acara yang akan datang. Rencananya, kontes ini akan diagendakan sebagai acara tahunan di Sukadana.

Peserta yang mengikuti kontes ini sendiri jumlahnya sudah ada sekitar 50 petani dari kabupaten Kayong Utara. Panitia acara ini juga sebenarnya mengundang bupati dan wakil bupati. Namun dikarenakan menghadiri acara di masjid Agung Oesman Al-Khair jadi hanya diwakilkan oleh Camat.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Guntur Dasba Rianto

Check Also

Guberbur Kalbar H. Sutarmidji.SH,MH di damping Kadinkes Prov Kalbar saat perayaan HKN ke 54 yahin 2018 di Stadion Sultan Syarif Abdurahaman Pontianak

HKN 54: “Gubernur Kalbar Ajak Budayakan Hidup Sehat dan Hidup Sehat dimulai dari Diri Sendiri

teraju.id – Pontianak, Infokes Kalbar – Gubernur Kalbar H Sutarmidji mengajak untuk tetap membudayakan hidup …