in ,

Tertibkan Jalan dari Ugal-ugalan, Razia 6 Bulan Versi Walikota Mulai Berjalan

lalin

Teraju.id, Pontianak
Gayung bersambut kalimat berjawab. Sejak Kapolda mendukung ide Walikota melakukan razia rutin sepanjang masa enam bulan agar ugal-ugalan di jalan raya Kota Pontianak menjadi tertib sehingga pengguna jalan menjadi aman dan tentram, Walikota H Sutarmidji, SH, M.Hum pun bertindak tegas. Dimulai pada 1/9/16 yakni dengan melakukan razia kendaraan pelajar SMP yang parkir ilegal. 60-an kendaraan berhasil dirantai besi dan digembok! Pelajar SMP secara hukum bukanlah pengguna Surat Izin Mengemudi. “Mereka belum genap 17 tahun,” kata Walikota Sutarmidji seraya mengedepankan aspek hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Penggembokan dengan rantai besi dilakukan organ Pemkot bernama Satpol PP. “Satpol memang berada di bawah Pemkot. Dan ini tindak lanjut dari upaya kita menertibkan kota.”

Walikota juga mengatakan bahwa dalam rangka menyamankan pengguna jalan lainnya, pihak Pemkot melalui DLLAJ juga menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan. Tak jarang kendaraan yang parkir di atas marka kuning (dilarang secara internasional) terpaksa dikempiskan. Lalu sang sopir dapat peringatan. Sementara pihak yang menyediakan parkir kendaraan roda dua kepada pelajar SMP akan dikenai tindakan pidana ringan alias tipiring. Sejauh ini Walikota telah menindak tipiring ribuan kasus. Mulai dari menebang pohon hingga memberikan lokasi parkir bagi pelajar SMP.

“Sayangi anak-anak kita. Kalau belum waktunya, jangan dikasih motor. Karena belum dewasa, mereka tidak terampil di jalan, terpancing kebut-kebutan dan ugal-ugalan sehingga tak jarang terenggut nyawanya di badan jalan,” ungkap Walikota yang dikenal tegas menegakkan hukum ini.

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Walhi Aston

Staf Presiden Kerjasama Walhi Buat Reformasi Agraria

IMG 20160902 081944 737

Wisata Sekadau, “Botuh Jato”