ABIM, ISNU Kalbar dan Buah Tangan Negeri Jiran - teraju.id
Home > Community > ABIM, ISNU Kalbar dan Buah Tangan Negeri Jiran
IMG_20190312_200926_270

ABIM, ISNU Kalbar dan Buah Tangan Negeri Jiran

Oleh: Ambaryani

Sabtu pagi, kami pengurus ISNU Kalbar menerima kunjungan Dr. Fazril Saleh, Pengetua Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM). Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama Kalbar Hildi Hamid, ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalbar Yusriadi dan pengurus ISNU menghadiri kunjungan silaturahim ini.

Kunjungan silaturahim ini menjadi forum bertukar pikiran dan perkembangan Islam nusantara. Dr. Fazril juga memaparkan awal mula dan perkembangan ABIM, keterkaitan ABIM dan Nahdlatul Ulama di Indonesia.

Saat awal perjumpaan, setelah kami saling memperkenalkan diri, Dr. Fazril mengeluarkan tas binjing berwarna coklat. Dari dalam tas beliau mengeluarkan buah tangan yang beliau bawa dari negeri jiran Sarawak.

Kek lapis mocha dan dalat tebaloi. Kek lapis mocha, mirip dengan lapis Sambas yang sering kita jumpai saat lebaran. Walaupun sekarang lapis dapat dijumpai di rumah-rumah orang Jawa, Madura, dan rasanya semua etnis sudah sangat familiar dengan lapis. Maklum, dulu di Sambas lapis hanya identik dengan orang Melayu.

Dalat Tebaloi itu apa ya? Awalnya kami menebak-nebak, apa itu dalat tebaloi. Dalam bayangan kami dalat tebaloi itu semacam kue baulu (bolu).

Ternyata, setelah dibuka dan dicicipi, dalat tebaloi rasanya sangat dekat dengan rasa sagon made in Indonesia. Setelah mengintip komposisi pembuatan dalat tebaloi di kotak pembungkusnya, ternyata benar, sama dengan bahan dasar pembuatan sagon.

Baca Juga:  Rapat ISNU Kalbar

Hanya ada beberapa bahan yang beda. Jika pembuatan sagon berbahan dasar tepung ketan, kelapa parut, gula pasir. Dalam pembuatan dalat tebaloi, ada ditambahkan telur.

Hari ini kami mendapatkan banyak hal, banyak ilmu dan informasi. Kemiripan, ketersambungan sejarah dan dalam banyak aspek antara Indonesia dan Malaysia. Semoga silaturahim ini akan menjadi jalan permulaan banyak kegiatan positif antara ISNU Kalbar dan ABIM. Semoga saja amin.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Ambaryani

Ambaryani, Pranata Humas, staf Kemasyarakatan (Kemasy) Kecamatan Kubu. Menyukai dunia kepenulisan, dan telah menulis beberapa buku fiksi dan true story, sebagai penulis bersama. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Aktif di Lembaga Pers Mahasiswa dan Club Menulis STAIN Pontianak, serta pernah magang di Harian Borneo Tribune Pontianak.

Check Also

Ngaji Pasar Modal Syariah

Pasar Modal Syari’ah, Cara Terbaik Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

teraju.id, IAIN Pontianak— Mahasiwa jurusan Ekonomi pasti tidak luput bahasan Pasar Modal. Seperti halnya mahasiswa …