in

Anggota Club Menulis Ikut KKN Kebangsaan

WhatsApp Image 2019 07 16 at 22.58.33

Oleh: Farninda Aditya

Saripaini, Novi Anggraeni, Khatijah, Tuti Alawiyah, dan Mita Hairani. Mereka adalah anggota Club Menulis Institut Agama Islam Negeri Pontianak yang lolos seleksi mengituki Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan. Kuliah ini berbeda dengan KKL Integratif, ada seleksi khusus. Penempatanya juga khusus. Mereka akan ditempatkan di Perbatasan, Badau, Kapuas Hulu.

Saya turut bahagia dan bangga dengan kelolosan mereka. Sebab, saya tahu mereka serius menyiapkan berkas dan syaratnya. Walau selalu ada tumpang tindih mengambil keputusan dan kegalauan. Keseriusan mereka berlipat ganda setelah lebaran kemarin. Kebut menyelesaikan proposal, yang merupakan syarat utama mengikuti seleksi. Mereka, anggota Club Menulis yang baru saja rasanya semester I, sudah ujian proposal penelitian Skripsi. Keberangkatan KKN juga berbekal tujuan: Penelitian Skripsi.

Bepergian melakukan penelitian, memang sudah menjadi tradisi mereka tampaknya. Mereka yang berasal dari daerah ini, telah beberapa kali melihat daratan dari udara karena penelitian tadi. Belum lagi, ke daerah-daerah yang mereka inginkan, lalu terkabul dengan tulisan.

Setidaknya mereka sudah beberapa kali berkegiatan bersama lembaga lain untuk melakukan riset. Apalagi Kampung Riset yang menjadi rutinitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). KKN Kebangsaan juga melalui LP2M yang bekerja sama dengan Puslitbang Kementerian Agama RI.

Saya yakin, mereka tidak kesulitan di kampung orang, sebab pengalaman sudah memberikan pembelajaran untuk mereka. Saya juga yakin, kembalinya mereka dari tanah rantauan selama 40 hari itu, akan membawa karya. Di mana mereka berpijak, di situlah tulisan dibuat.

Buku Mengulik Kehidupan Masyarakat Kubu Raya, Kisah Mendalam dari Hulu Pengkadan, Teluk Nibung Desa di Pulau Kalimantan Barat, Masyarakat Pesisir Piasak, Jalan Menuju Banjarmasin, Dari Pontianak ke Tangerang, Masyarakat Muara Kubu, dan Merajut Kisah di Sembuluk adalah beberapa karya yang mereka hasilkan dari perjalanan.

Selamat melanjutkan Level Perkuliahan. Selamat menikmati hasil dari usaha. Barakallah. Lanjutkan!

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2019 07 15 at 11.16.13

Dear Baznas, I Love You

WhatsApp Image 2019 07 18 at 05.41.46

Perjalanan Menuju Badau, Kapuas Hulu