Buah Cempedak - teraju.id
Home > Community > Buah Cempedak
WhatsApp Image 2018-01-09 at 18.45.42

Buah Cempedak

Oleh: Ambaryani

Sudah agak lama saya lihat banyak yang jual buah cempedak di sepanjang jalan Rasau Jaya. Aromanya semerbak. Harum. Sampai berangki-angki baunya. Terngiang-ngiang.

Saking banyaknya, sampai kuning-kuning, mengering buahnya. Lama-lama membusuk. Terlalu banyak, tak laku nampaknya.
Tak terbersit untuk membeli buah beraroma menyengat dan bergetah ini. Walaupun sepanjang jalan saya membayangkan, betapa nikmatnya buah cempedak digoreng dicampur tepung. Mak nyus. KFC ala kampung.

Bijinya juga bisa diolah menjadi beberapa pilihan menu dulu. Biji yang masih mentah, dibakar. Rasanya mirip kacang tanah. Selain itu direbus, dimakan begitu saja juga ok. Setelah direbus, bisa juga dibuat sambal goreng campur ikan teri, atau dibuat prekedel juga tak kalah lezat.

Dulu, Makde Siti yang sering membuat kudapan ini. Beliau punya banyak pohonnya di kampung. Ada 1 kebunnya isinya hanya pohon cempedak dan petai.

Kalau sudah musim buah cempedak begini, kami sampai kekenyangan. Bahasa Melayunya, mabok jak tadak. Saking banyaknya. Sampai berkarung-karung. Tidak terjual.

Beberapa hari lalu, saya dapat rezeki buah ini. Saat main ke rumah Mbak Tafiq di Teluk Nangka A TR 10. Ya, buah cempedak yang aromanya membuat cacing di perut menari. Makan hanya beberapa biji, aroma yang menempel di tangan tak hilang-hilang. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Ambaryani

Ambaryani, Pranata Humas, staf Kemasyarakatan (Kemasy) Kecamatan Kubu. Menyukai dunia kepenulisan, dan telah menulis beberapa buku fiksi dan true story, sebagai penulis bersama. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Aktif di Lembaga Pers Mahasiswa dan Club Menulis STAIN Pontianak, serta pernah magang di Harian Borneo Tribune Pontianak.

Check Also

IMG_20181210_192736_459

Berita Hoax tentang Undangan Perpusnas: #saringsebelumsharing

Oleh: Farninda Aditya Saya mendapat kabar tentang dari Pengelola Penerbit Enggang Media tentang pertemuan Pengelola …