in ,

Inilah Kontribusi Spiritual Mahasiswa KKL Tematik IAIN Pontianak

IMG 20190726 WA0008 800x450

Oleh: Juharis

Kecakapan dalam spiritual adalah kebutuhan yang urgen untuk seorang pemeluk agama. Agama Islam mengajarkan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Satu di antara bentuk cara mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan senantiasa membaca Alquran, kalam Allah yang berisi pedoman manusia menjalani kehidupan.

Masyarakat Desa Sungai Deras, khususnya Dusun Pandamar memiliki beragam kegiatan keagamaan yang berpusat di Masjid Al-Amin. Dari orang tua hingga kawula muda, rata-rata memiliki aktivitas yang cukup positif.

Anak-anak desa selalu belajar mengaji di masjid, biasanya habis asar dan magrib. Sementara ibu-ibu berkumpul pada Hari Jumat, mereka juga mengaji.

Dalam kesempatan mengaji majelis taklim ibu-ibu, mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tematik Revolusi Mental IAIN Pontianak 2019 ikut membersamai pada Hari Jumat (26/07).

Abdi Azizurahman salah satu mahasiswa, mengisi kajian singkat. Hal yang disampaikan berkaitan dengan pentingnya menguatkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari terutama anak-anak.

“Mari kita menjaga anak-anak kita, keluarga kita semua. Penting sekali ilmu agama dikenalkan dengan keluarga. Hendaknya Rasulullah adalah figur utama yang menjadi contoh kehidupan kita.” pesannya.

Keberadaan mahasiswa di sambut antusis ibu-ibu pengajian. Ini bakal menambah kegiatan keagamaan mereka.

Selain mengisi ceramah, mahasiswa juga memprogramkan kegiatan belajar fardu kifayah yang akan segera diterapkan.

Dengan demikian, diharapkan adanya kontribusi antara masyarakat dan mahasiswa supaya nilai-nilai spiritual dapat diperoleh secara kafah.

Written by Juharis

Juharis, manusia biasa yang berusaha bermanfaat lewat kata.

IMG 20190726 164453 800x450 320x180

‘Inilah Farhan, Mahasiswa KKL yang Mengajar Silat’

WhatsApp Image 2019 07 30 at 17.10.14

Antusias Warga Desa Dabong Menyambut Kedatangan Mahasiswa KKL IAIN Pontianak