Kiat Naik Bis agar Sampai dengan Selamat - teraju.id
Home > Community > Kiat Naik Bis agar Sampai dengan Selamat
images7

Kiat Naik Bis agar Sampai dengan Selamat

Oleh : Khatijah

Naik bis bukan hal yang asing lagi bagiku, karena kendaraan itulah yang sudah aku akrabi 4 tahun terakhir ini. Bermulanya naik oplet setiap minggu pada masa sekolah di Singkawang ketika Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mana setiap minggu aku pulang ke Jawai menggunakan oplet.

Pertama kali aku naik bis sendirian ialah ketika pulang dari Balai Karangan menuju Jawai mungkin sekitar 8 jam, sendirian tak ada orang yang kukenal. Maka dari itu aku diserbu dengan pertanyaan seperti, “Kok berani, perempuan loh”, “Benarlah sendirian, dak takut ke?”. Pokoknya pertanyaan tentang ketakutanku ada di mana.
Iya memang benar banyak peristiwa yang tidak menyenangkan jika naik bis, apalagi dulu di SMA ada kakak kelasku yang dari Subah menuju Singkawang menggunakan bis, mendapat perlakuan perlecehan di dalam bis oleh pelanggan karena tidur dan tidak merasakan apa-apa.

Belajar dari pengalaman itu jika ingin tidur di bis jangan terlentang sehingga orang tidak akan bisa meraba, atau jika lebih nyaman telentang simpanlah sesuatu di tubuh kita, barang bawaan mungkin atau tas kita yang pasti mempersulit seseorang untuk melakukan kejahatan seksual.

Lalu pernah juga orang bercerita ketika dia naik bis, ia dihipnotis oleh orang sehingga menyerahkan semua barang berharganya seperti emas dan uang, untuk mencegah hal ini sekarang sudah banyak anjungan tunai mesin (ATM) bawalah uang secukupnya agar terhindar dari kehilangan. Lebih mudahnya lagi jika sudah merasa seperti itu jangan naik bis sendirian atau duduklah di kursi di samping supir dijamin aman sejahtera. Tetapi ada juga yang bilang untuk menghindari hipnotis dan semacamnya yang sejenis, kita bisa mencegahnya dengan membalikkan celana dalam agar hipnotis itu tidak mempan, bahkan ada yang bilang hipnotis itu akan berbalik kepada si penghipnotis. Itu katanya.

Untuk menghindari mabuk dalam bis, kadang ada yang berlebihan. Berlebihan dalam artian sampai pingsan. Nah, bukankah repot jika sendirian di bis tidak ada yang dikenal lalu jatuh pingsan. Itu sangat membahayakan, selain badan dan harta bisa juga nyawa.

Cara menghindarinya silakan minum ramuan, jamu, obat atau semacamnya yang bisa menghilangkan mabuk, atau jangan bersugesti bahwa anda orang pemabuk. Jika sudah melakukan cara-cara menghindari mabuk seperti minum obat, menyimpan hansaplast di pusat, masih tidak berpengaruh, jangan coba-coba naik bis sendirian.

Pontianak, 09 Februari 2018

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

IMG_20180515_131401_218

Setelah 33 Hari Berlalu

Oleh: Ambaryani Setelah 33 hari berlalu dan tak menginjakkan kaki ke Kecamatan Kubu, banyak yang …