Kokohkan Persatuan Dalam Perbedaan - teraju.id
Home > Community > Kokohkan Persatuan Dalam Perbedaan
sikap-toleransi-dalam-perbedaan-beragama-57d9360dda9373624a997f08

Kokohkan Persatuan Dalam Perbedaan

Oleh : Sulistio

Manusia merupakan mahluk yang tidak dapat hidup sendiri maka di sebut sebagai mahluk sosial. ahir akhir ini kita saksikan di media banyak sikap intoleran yang tidak seharusnya ada. Karena indonesia merupakan negara multiculture, multietnis dan multiagama. sebagai warga negara yang cinta tanah air harus menjunjung tinggi nilai toleransi karena indonesia akan jaya jika toleransi tetap terjaga. Kita dapat melihat sejarah kemerdekaan yang di lakukan oleh para pejuang, mulanya para pahlawan berjuang melawan penjajah bersifat kedaerahan sehingga tidak memberikan dampak yang besar, Namun setelah para pahlawan sadar dan bangkit bahwa persatuan akan memebawa perubahan dan kejayaan maka mereka bersaju hingga para penjajah angkat kaki dari negeri ini. Seperti lidi jika hanya satu buah maka susah membersihkan namun jika dikumpulkan dalam satu ilatan maka akan menjadi sangat berguna sebagai alat pembersih.
Dari contoh dan filosofi di atas kita dapat mengabil pelajaran, bahwa hanya dengan persatuan lah negara ini akan tetap jaya. Kita tau bahwa indonesia penuh dengan perbedaan namun apakah dengan perbedaan itu kita akan terus berselisih faham? Tentunya hal ini tidak akan membawa keuntungan bagi indonesia. Mengingat indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumberdaya baik alam maupun manusia maka indonesia menjadi incaran bagi negara yang menghendaki hal tersebut. Saat ini indonesia tidak kekurangan orang pintar namun indonesia kekurangan orang yang bermoral, mungkin memang benar ucapan kasino warkop ini. Saat ini di zaman yang serba canggih kita di hadapkan dengan berbagai kondisi sehingga pengaruh media sangat rentan, anak kecil saat ini pun udah memegang teknologi, dampak yang di timbulkan dari hal tersebut akan sangat terasa. Dapat kita temukan berbagai informasi yang sangat beragam baik itu benar atau hanya hoax. Banyak oknum yang dengan sengaja ingin mengadu domba perdamaian dan ketentraman negara ini, dengan memanfaatkan teknologi, maka dari itu kita sebagai masyaraka yang faham akan hal itu perlu berjuang demi persatuan dan kesatuan bangsa ini. Ada beberapa tips agar kita tidak mudah termakan isu yang beredar khususnya dari media, karena yang paling cepat tersebar adalah melalui media yaitu:
Yang pertama jika kita menemukan suatu isu yang terebar di media baik itu positif maupun negatif maka jangan langsung percaya dengan informasi tersebut kenapa demikian, karena kebenarannya harus kita uji agar tidak terjadi kesalah fahaman yang mengakibatkan perpecahan di kalangan masyarakat. Maka ketika menemukan berita yang menyangkut masyarakat ramai maka mengklarifikasi adalah hal pertama yang harus di lakukan, dengan demikian kesalah fahaman tidak akan terjadi walaupun terlepas apakah berita itu memang benar atua tidak.
Yang kedua yaitu sebagai seorang pembaca maka perhatikan tatabahasa yang di gunakan dalam penyampaikan informasi. setiap orang akan menyampaikan informasi dengan cara dan gaya bahasa yang berbeda, maka perhatikan hal tersebut. Ketika kita mendapatkan informasi namun salah dalam menafsirkannya akan menjadi kesalah fahaman. Diskuikanlah kepada teman atau orang yang terpercaya agar informasi yang beredar dapat di fahami tanpa kesalahan.
Dan yang terakhir adalah penulisan tatabahasa. Hal ini penulis tujukan kepada media ataupun personal yang menyuguhkan informasi kepada publik. Penulisan tata bahasa harus benar benar di perhatian, penggunaan tatabahasa dapat memberikan pengaruh yang kuat terhdap pemahaman penerima dalam menangkap dan menafsirkan informasi. Maka ketika suatu iformasi di kemas dengan bahasa yang baik walaupun itu negatif akan menimbulkan kesan baik di masyarakat. Sehingga pembaca mampu berfikir dan mampu mempertimbangkan hal tersebut dan kesalah fahaman akan dapat di perkecil.
Tak ada gading yang tak retak, begitu juga manusia tidak akan terlepas dari kesalahan, namun dengan akal yang di berikan kepada kita bagai mana upaya kita agar memperkecil kealahan yang kita perbuat dengan demikian akan sangat bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain.
Negara ini perlu perbaikan baik itu dari sisi ekonomi, moral, pendidikan dan lain sebagai nya. Namun bagaimana kita akan mampu membangun semua itu jika selalu berselisih faham antar masyarakat. Mari bersama saling membenahi diri dan kembali bersatu untuk indonesia. Memperkokoh persatuan di dalam perbedan adalah hal yang sangat indah, bergandengan tangan dan melangkah bersama akan menjadi kekuatan untuk bangsa ini.(Penulis Mahasiswa KPI IAIN Pontianak)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About sulistio

Check Also

IMG_20181108_062316_236

368 Bertugas di Kecamatan Kubu

Oleh: Ambaryani Sudah mencapai angka 368 sejak pertama kali ditugaskan di Kecamatan Kubu, 1 November …