Lenggang Senade di Bimtek Kuliner LIPI - teraju.id
Home > Community > Lenggang Senade di Bimtek Kuliner LIPI
WhatsApp Image 2018-10-20 at 18.13.59

Lenggang Senade di Bimtek Kuliner LIPI

Oleh: Zainal Aripin

Di sela kegiatan “Bimbingan Teknis Pendataan Kekayaan Kuliner Tradisional secara Partisipatif Untuk Pengembangan Riset Industri Kreatif Bidang Kuliner” yang diselengarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kelurahan Tanjung Mempawah, panitia menyelengarakan pergelaran seni masyarakat lokal Lenggang Senade.

Dalam pagelaran lenggang senade mengundang masyarakat sekitar untuk memeriahkan dan menyukseskan acara. Bak gayung bersambut pagelaran disambut antusias oleh masyarakat setempat baik tua, muda maupun anak-anak. Mereka datang berbodong-bondong untuk menyaksikan lenggang senade.

Acara pagelaran diawali dengan penampilan dari Maya salah satu peserta bimtek dengan menyanyikan lagu khas Dayak. Pagelaran menjadi terasa semarak ketika salah satu peserta kegiatan bimtek Suhariandi alias O’o dan Maya menampilkan aksi tarik suara dengan menyanyikan lagu-lagu populer saat ini di sela pagelaran. Mereka juga menyilakan pada dua bocah Tanjung untuk bernyanyi. Lagu Via Vallen “Meraih Bintang” menjadi pilihan mereka. Lagu ini tentunya mengajarkan kepada kaum muda untuk senantiasa bekerja keras dan tidak mudah putus asa untuk meraih apa yang diharapkan. Lagu ini memang sangat populer saat ini. Penonton diajak bernostalgaia dengan lagu-lagu yang dinyanyikan.

Anggota kelompok seni mulai menampilkan atraksinya. Group seni yang menamakan diri dengan Gubuk Seni beranggotakan enam orang remaja putri. Lenggang senade merupakan kesenian yang ada di daerah Mempawah. Kesenian ini berupa seni tari diiringi irama musik. Di sela-sela irama musik, para penari melakukan gerakan melenggang-lenggok, mereka menggunakan seragam yang sama sambil membawa kipas di tangannya. Sesekali kipas mereka kepakkan. Gerakan lenggangnya menyesuaikan irama musik. Para pelenggang umumnya perempuan.

Baca Juga:  Bimtek Pendataan Kuliner LIPI dan Bekraf di Tanjung, Mempawah

Para penonton yang hadir disuguhi hidangan snack tradisional masyarakat Tanjung Mempawah berupa na’am, nagasari, dan nasi’ manes sebagai pelengkap pada pagelaran seni belenggang senada. Penyajian snack lokal merupakan bagian dari pendataan kekayaan kuliner pada bimtek yang bertemakan “Dari Dapur Rakyat ke Industri Kreatif Kuliner.

Melalui pagelaran seni ini diharapkan kepada masyarakat lokal mengeratkan rasa cinta terhadap kesenian daerah terutama lenggang senade yang ada di Kab Mempawah. Ketua panitia kegiatan bimtek Dr. M. Alie Humaedi, M.Ag, M.Hum mengharapkan dengan adanya pementasan seni daerah lokal tujuannya untuk memperkenalkan kesenian masyarakat Kelurahan Tanjung Mempawah.

“Tujuan memprioritaskan kesenian penduduk lokal untuk transfer of knowledge dan menggugah mereka lebih peduli pada seni dan budaya tersebut,” tuturnya sebelum pelaksanaan pagelaran seni belenggang senade. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

IMG_20181210_192736_459

Berita Hoax tentang Undangan Perpusnas: #saringsebelumsharing

Oleh: Farninda Aditya Saya mendapat kabar tentang dari Pengelola Penerbit Enggang Media tentang pertemuan Pengelola …