in

Mahasiswa Perbankan PKL di Kelurahan Sui Jawi

IMG 20190916 205944 950

Oleh : Khatijah

Semester 7, mahasiswa memasuki fase sibuk di lapangan, seperti kuliah kerja nyata (KKN), praktik kuliah lapangan (PKL). KKN merupakan pengabdian pada masyarakat di suatu daerah atau desa.

Tidak dibedakan jurusan maupun fakultas. Sedangkan PKL dilakukan sesuai jurusan. Namun kali ini Prodi Perbankan Syariah IAIN Pontianak mencoba PKL sistem baru dengan tema “Penguatan Profesionalitas Perbankan Syariah”. Jadi 95% mahasiswa Perbankan Syariah diterjunkan ke kelurahan untuk mensosialisasikan ilmu yang ia dapat selama 3 tahun.

16 September 2019, hari pertama kami PKL, kebetulan saya, Kia, Idris, Lisa, Atun, Renzi ditempatkan di kelurahan Sungai Jawi.

Pagi hari kami sudah berkumpul di kampus menunggu pamong untuk berangkat ke kelurahan. Sekitar pukul 9 kami sampai di kelurahan, namun di sana tidak ada pak lurah sebab beliau sedang mengikuti kegiatan di luar.
Kami diajarkan mencatat atau menyalin data penduduk yang bertransaksi, seperti perpindahan penduduk dari kota ke kota lain, pindah, provinsi, kecamatan, mengurus kartu keluarga, hingga mengurus surat nikah, dll.

Hingga waktu istirahat salat dan makan siang, kami memutuskan untuk makan di depan kantor lurah yang tersedia banyak makanan seperti mie sagu, bubur pedas, soto, ayam geprek, dll. Setelah selesai, kami disuruh masuk ke ruangan Pak Lurah. Beliau menjelaskan sistem kerja kami, hingga berkenalan. Setelah itu kami melanjutkan kerja kami.

Sore hari tidak terlalu ramai hanya orang yang tadi pagi mengantar berkas dan mengambil berkas yang sudah ditandatangani, dan dicap.

Tidak terasa jam sudah menunjukkan pukul 15, kami siap-siap, dan pulang. (*)

Pontianak, 16 September 2019

Written by teraju

WhatsApp Image 2019 09 15 at 17.28.44

Sukses, Kegiatan Kelas Inspirasi Pertama di Pontianak

IMG 20190917 054557 750

Merasakan Hatinya Orang Dayak