in

Masjid Pertama di Badau

IMG 20190725 081706 081

Oleh : Novie Anggraeni

Minggu, 21 Juli 2019, hari ini adalah hari kelima aku mengikuti KKN Kebangsaan di desa Badau. KKN Kebangsaan merupakan kegiatan riset aksi kebangsaan, yang diselenggarakan oleh Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan bekerjasama dengan LP2M IAIN Pontianak. Selain pengabdian, kami juga diharuskan untuk menyelesaikan penelitian skripsi. Aku yang dari awal ingin melakukan penelitian di desa Badau, sudah mempersiapkan proposal penelitian yang berkaitan dengan masjid pertama yang dibangun di desa itu. Namanya Masjid Nurul Huda.

Singkat cerita, masjid ini didirikan tahun 1968 oleh masyarakat dan aparat TNI yang dipimpin oleh panglima Ryachudu. Masjid Nurul Huda ini terletak di Jalan Dwikora Gang Haji Abu Bakar, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu.

Akan tetapi, fakta yang kutemukan di lapangan saat ini masjid Nurul Huda telah berganti menjadi surau. Sedangkan dari data di kabupaten, masjid Nurul Huda masih termasuk sebagai masjid. Menurut Pak Zulkarnaen, salah satu tokoh agama di desa Badau, diperkirakan masjid Nurul Huda dipindahfungsikan ke masjid Nurul Hudud bersamaan dengan diresmikannya masjid tersebut pada tahun 1996 atas persetujuan dari Presiden Soeharto.

Masyarakat menyambut baik usulan tersebut. Ini dikarenakan, masjid Nurul Huda tidak cukup untuk menampung jamaah masjid yang semakin ramai di Badau. Selain itu, letak masjidnya juga kurang strategis dari jalan besar di desa.

Namun, masyarakat tetap mengakui bahwa masjid Nurul Huda merupakan masjid pertama yang didirikan di desa Badau. Meskipun telah menjadi surau, Nurul Huda tetap diramaikan oleh masyarakat sekitar. Terutama anak-anak yang ingin belajar membaca Alquran.

Hanya ada satu saja tokoh masyarakat yang mengajar di TBA (Taman Bacaan Alquran), yakni Pak Munassir. Sehingga saat mendengar kami, mahasiswa KKN, akan menginap dan mengabdi di sini, beliau turut senang dan meminta bantuan kami untuk mengajar anak-anak mengaji. Kami ikut meramaikan masjid ini. (*)

Written by teraju

WhatsApp Image 2019 07 24 at 19.14.16

Tolak Bala di Lokasi Kecelakaan di Badau

IMG 20190726 164453 800x450 320x180

‘Inilah Farhan, Mahasiswa KKL yang Mengajar Silat’