Perayaan Khatamul Quran - teraju.id
Home > Community > Perayaan Khatamul Quran
WhatsApp Image 2018-01-31 at 07.26.27

Perayaan Khatamul Quran

Oleh: Saripaini

Pelaksanaan Khatamul Quran merupakan sebuah perayaan yang sangat penting bagi sebagian besar orang Melayu. Penting, karena hal tersebut merupakan sebuah bentuk kebanggaan sekaligus bentuk apresiasi dari orangtua kepada anaknya. Tak jarang juga perayaan Khatamul Quran dijadikan sebuah motivasi awal seorang anak untuk segera menghatamkan Alquran.

Kurasa aku tak perlu lagi mengatakan makna dari khatam, karena semuanya tahu, tapi tak lengkap rasanya.

“Khatam berarti tamat. Kata ini dipinjam dari bahasa Arab.” Kalimat itulah yang tertulis di wikipedia saat aku mencari makna kata khatam.

Khatamul Quran merupakan sebuah kebudayaan yang Islami dan begitu populer di kalangan umat Islam di berbagai wilayah. Tapi setiap wilayah memiliki tradisi masing-masing dengan ciri yang berbeda pula. Termasuk tentang bagaimana perayaan Khatamul Quran. Sedikit informasi yang kutahu bahwa Pontianak, Sambas, Kapuas Hulu, Kubu Raya memiliki kekhasan masing-masing dalam merayakan Khatamul Quran.

Perayaan Khatamul Quran juga dilakukan oleh masyarakat di Punggur, sebuah tempat di bagian barat Pontianak. Punggur termasuk dalam wilayah Kubu Raya.

Menyambung pernyataan pada paragraf sebelumnya bahwa kebudayaan di setiap daerah itu berbeda, oleh sebab itu aku menyebutkan Punggur sebagai sorotanku dalam pelaksanaan khatamul quran. Walau pada dasarnya sama-sama ada kolaborasi antara Melayu dan Islam tapi tetap saja ada perbedaan dari pelaksanaannya.

Jika berbicara tentang khatamul quran banyak pernak-pernik Melayu yang menjadi bagian di dalamnya seperti arak-arakan diiringi dengan tabuhan tar dan syair-syair Islami bersama rombongan menuju tempat pelaksanaan khatamul quran lengkap dengan bunga manggar, pokok telok yang memenuhi tenda di antara saf masyarakat yang menyaksikan pembacaan ayat suci Alquran, makan saprah dan jamang sebagai hiasan kepala yang dipandang sakral pada umumnya dipakai oleh wanita. Pelaksanaan seperti ini masih terjaga dengan baik alias masih lestari.

Baca Juga:  Khatamul Quran Bersama Kapolda Kalbar

Sebenarnya hal ini tak hanya diselenggarakan oleh orang Melayu tapi juga orang Bugis, bahkan sama persis tak ada perbedaan atau ciri yang menjadi identitas di antara keduanya.

Pontianak, 30 Januari 2018

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

IMG_20190312_200926_270

ABIM, ISNU Kalbar dan Buah Tangan Negeri Jiran

Oleh: Ambaryani Sabtu pagi, kami pengurus ISNU Kalbar menerima kunjungan Dr. Fazril Saleh, Pengetua Angkatan …