Pesona Malam Balai Karangan - teraju.id
Home > Community > Pesona Malam Balai Karangan
IMG_20180213_200056_800

Pesona Malam Balai Karangan

Oleh: Novie Anggraeni

Pesona adalah suatu daya pikat atau daya tarik yang membuat kita menjadi terpesona akan sesuatu tersebut. Pesona malam yang ditunjukan oleh bundaran Digulis Jl. A. Yani Pontianak adalah pancuran airnya yang diiringi lampu yang berwarna-warni.

Atau pesona malam di taman Alun-Alun Kapuas Park yang menyuguhkan rindangnya pepohonan, yang dibalur dengan aneka bunga yang cantik nan indah. Begitupula, lampu-lampu yang cukup indah menghiasi taman itu.

Namun, bagaimana dengan pesona malam yang ada di Balai Karangan? Ya, belum lama ini, saya terpikat dengan pesona malam yang ada di Balai Karangan.

Pesona itu adalah ratusan bahkan puluhan ribu burung gereja yang terbang dan saling bersahutan tatkala sore menjelang malam. Pemandangan yang membuat mata terbelalak, apalagi untuk orang yang baru pertama kali melihat fenomena tersebut.

“Bukan ratusan dah tuh Eni, tapi puluhan ribu dah kalo banyak macam gitu.” Ucap Datok Mail.

Ya, tentu saja. Sebab, banyak sekali burung-burung Gereja terbang dan menghiasi langit malam di Balai Karangan. “Emangnye setiap bulan, burung Gereje nih keluar teros ke Cu?” Pertanyaan pun mulai keluar karena rasa penasaran.

“Ndak gak setiap kali keluar. Ade bulan-bulannye gak. Kalo udah bukan bulannye, tadak lah die keluar. Masok ke dalam hutan lah die nanti.” Jawab Encu Yeni.

Sebagai warga di sini, Encu Yeni pasti sudah terbiasa melihat dan mengamati kapan keluar dan masuknya burung-burung Gereja ini ke dalam hutan. Namun, beliau tidak memberikan secara detail bulan apa sajakah itu.

Datok pun memiliki pendapat yang berbeda. Beliau berkata,”Mungkin karne musim hujan kali. Make nye burung-burung Gereje nih banyak bekeluaran. Ini kan kite masok musim hujan dah nih kan!” Serunya pada saya. Saya pun hanya mengangguk dan kembali memperhatikan tingkah dari puluhan ribu burung Gereja ini.

Keseluruhan dari mereka sudah banyak yang hinggap di sepanjang tali kabel listrik. Adapula yang hinggap di pepohonan. Namun, kebanyakan dari burung-burung ini memang lebih suka hinggap di tali kabel yang ada di tiang listrik.

Melihat mereka yang hinggap di sepanjang tali kabel itu, jadi terlihat seperti lampu atau ornamen hias yang biasanya ada di jalanan. Jika kita memukul tiang listrik itu, maka mereka akan terbang berhamburan di langit. Akan tetapi, mereka akan hinggap lagi ke tali kabel tempat mereka hinggap sebelumnya.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

IMG_20180810_220450_936

Menyambut HUT RI 73

Oleh: Ambaryani Setelah rapat staf pagi Rabu lalu, Camat Kubu Rustam Efendi mengajak seluruh pegawai …