SDIT Al Mumtaz Menyambut Tahun Baru Islam 1441 H - teraju.id
Home > Community > SDIT Al Mumtaz Menyambut Tahun Baru Islam 1441 H
al muntaz

SDIT Al Mumtaz Menyambut Tahun Baru Islam 1441 H

Oleh: Suherman

Walaupun 1 Muharram jatuh pada hari Ahad dan masih 2 hari lagi, SDIT Al Mumtaz Pontianak lebih cepat menyambut tahun baru Islam. Yaitu, hari Jumat, 30 Agustus 2019. Tahun baru Islam yang ke 1441 Hijriyah.

Keluarga SDIT Al Mumtaz menyambut tahun baru Islam dengan aksi pawai jalan bersama. Baik kepala sekolah, guru dan siswa dari kelas 1 hingga kelas 6.

Kegiatan pawai diawali dengan pelaksanaan salat Duha dan doa terlebih dahulu. Kemudian pawai dimulai dari sekolah Gg. Kencana 2 sekitar pukul 08.

Jalan yang dilalui dalam kegiatan pawai ini tidak terlalu panjang. Hanya jalan yang berdekatan dengan lokasi sekolah saja. Seperti Jl. Alianyang dan Jl. Suwignyo serta gang yang ada di sekitar jalan tersebut.

Manggar menghiasi pawai jalan siswa dan siswi SDIT Al Mumtaz. Masing-masing siswa membawa 2 atau lebih manggar. Ada juga beberapa siswa yang membawa spanduk ucapan selamat tahun baru Islam 1441. Meskipun berjalan kaki, para siswa terlihat ceria. Karena dilakukan bersama-sama.

Untuk kelas 1 dan 2 rute pawai lebih singkat. Mengingat kondisi fisik dan usianya yang masih pemula. Tetapi mereka bersemangat dan antusias mengikutinya. Meskipun ada 1 atau 2 siswa yang sudah terlihat lunglai di menit-menit akhir pawai. Namun, semuanya mampu melaksanakan pawai tersebut.

Dalam kegiatan menyambut tahun baru Islam ini, pihak sekolah mengadakan kegiatan lomba untuk para siswa. Di antaranya lomba hafiz Quran, adzan, mewarnai, komik, video tentang tahun baru Islam dan lomba-lomba lainnya.

Baca Juga:  Kehebohan Mencari Dukungan

Usai makan, selanjutnya para siswa yang mengikuti lomba, diarahkan untuk menuju ruangan lomba. Bagi siswa yang tidak mengikuti lomba, diisi dengan berbagai kegiatan oleh masing-masing wali kelas dan pendamping wali kelas. Seperti di kelas 2, siswa diarahkan untuk mewarnai.

Kegiatan ini untuk mengisi waktu kosong siswa yang tidak mengikuti lomba supaya tidak main di luar kelas. Apalagi di luar sekolah. Sampai waktu penjemputan oleh masing-masing orang tua siswa.

Kegiatan cukup efektif. Hingga waktu penjemputan tiba, siswa sudah menyelesaikan tugas mewarnai.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju

Check Also

IMG_20190921_095004_813

Rumah Literasi: Membimbing Kelas JK Rowling

Oleh: Novie Anggraeni Hari ini, pada tanggal 20 September 2019. Aku ditugaskan untuk menjadi pembimbing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *