Sosialisasi Penanganan Konflik Sosial Masyarakat Kabupaten Kubu Raya - teraju.id
Home > Berita > Sosialisasi Penanganan Konflik Sosial Masyarakat Kabupaten Kubu Raya
IMG_20181019_044523_420

Sosialisasi Penanganan Konflik Sosial Masyarakat Kabupaten Kubu Raya

Oleh: Ambaryani

Sosialisasi Penanganan Konflik Sosial Masyarakat di Kabupaten Kubu Raya diselenggarakan Kamis 18 Oktober 2018 di ruang Media Center lantai 2 kantor Bupati Kubu Raya. Disampaikan Ketua Panitia kegiatan tersebut sekaligis Kepala Kantor Kesbangpol Kubu Raya Hakiman, kegiatan ini diselenggarakan untuk meminimalisir potensi konflik di Kubu Raya, terlebih di tahun-tahun politik 2018-2019.

Sementara Asisten 1 Pemerintahan Tomy yang mewakili Bupati Kubu Raya dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Dengan harapan upaya deteksi dini konflik, akan mudah dengan diselenggarakannya kegiatan ini.
“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan semua elemen mampu membangun sistem, dan mengembangkan sistem tersebut melalui forum-forum sehingga upaya pencegahan konflik dapat dilakukan dengan baik, ” tegas Tomy dalam sambutannya.

Hadir dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh SKPD di lingkungan Kubu Raya ini dosen sekaligus pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalimantan Barat Dr. Wajidi Sayadi dan Kepala Bidang Kewaspadaan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat Indrianto sebagai narasumber.
Menerut Wajidi Sayadi, akar munculnya konflik adalah karena adanya perbedaan dalam kehidupan sosial masyarakat. Hal ini harus mendapatkan penanganan yang tepat dengan adanya pencegahan, penyelesaian, pengelolaan, resolusi dan transformasi konflik itu sendiri.
Semua elemen harus terpdu dalam upaya menangani konflik.

Pemerintahan, organisasi masyarakat, sosial, ekonomi, politik, pemuka agama, adat, majelis-majelis agama, pendidik, budayawan hingga pers.

Dalam kesempatan yang sama, Indrianto menyampaikan bahwa keragaman yang ada harus benar-benar dikelola dengan baik. Lanjut Indrianto, konflik sosial akan dapat diredam dengan terus menjaga kondisi damai dalam lingkungan masyarakat.

“Penanganan konflik, merupakan tanggung jawab kita bersama,” pungkas Indrianto. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Ambaryani

Ambaryani, Pranata Humas, staf Kemasyarakatan (Kemasy) Kecamatan Kubu. Menyukai dunia kepenulisan, dan telah menulis beberapa buku fiksi dan true story, sebagai penulis bersama. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Aktif di Lembaga Pers Mahasiswa dan Club Menulis STAIN Pontianak, serta pernah magang di Harian Borneo Tribune Pontianak.

Check Also

Guberbur Kalbar H. Sutarmidji.SH,MH di damping Kadinkes Prov Kalbar saat perayaan HKN ke 54 yahin 2018 di Stadion Sultan Syarif Abdurahaman Pontianak

HKN 54: “Gubernur Kalbar Ajak Budayakan Hidup Sehat dan Hidup Sehat dimulai dari Diri Sendiri

teraju.id – Pontianak, Infokes Kalbar – Gubernur Kalbar H Sutarmidji mengajak untuk tetap membudayakan hidup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *