Sungai dan Aktivitas Warga di Kubu - teraju.id
Home > Berita > Sungai dan Aktivitas Warga di Kubu
IMG_20171213_195707_141

Sungai dan Aktivitas Warga di Kubu

Oleh: Ambaryani

Ba’da Asar, aktivitas sore di sungai di Kubu dan Teluk Nangka, mulai nampak. Jika pagi, banyak penduduk yang berladang, noreh ataupun kerja sawit, sedangkan anak-anak dan remaja sekolah.

Sore selepas Asar, anak-anak mulai banyak menghabiskan waktu di sungai. Sambil menunggu malam, mereka ada yang berenang, main perahu (sampan), ada juga yang bermain perahu karet.

Adajuga yang sudah basah kuyup membawa ikan sungai hasil pancingan. Nampaknya asyik. Mereka sangat menikmati segarnya air sungai sambil senda gurau dengan teman sebaya.

Tak hanya anak-anak, bapak-bapaknya pun demikian. Ada yang mulai membawa pulang nira, potongan kayu yang akan dijadikan kayu bakar memasak gula, ada pula yang mengangkut sawit menggunakan perahu.

Para ibu juga serupa. Ada yang membincing baskom berisi pakaian kotor, atau hanya sekedar mandi bersama anaknya. Pinggiran sungai jadi ramai. Tangga-tangga sungai yang jika pagi hari sepi, hanya ada ember, gayung dan sabun, sore harinya menjadi sibuk.
Sibuk dengan aktivitas sore yang padat.

Masihada warga yang memilih mandi serta mencuci di sungai. Walaupun sebenarnya mereka memiliki wc dan kamar mandi. Karena di pinggir sungai ada nampak terjuntai paralon yang mereka gunakan untuk mengalirkan air sungai menuju bak mandi ataupun wc.

Ini tidak hanya persoalan mandi dan mencuci di sungai. Tapi, dengan begitu warga bisa sambil bercengkrama melepas lelah dan menikmati sore di tepian sungai, sembari mengerjakan pekerjaan rumah.

Baca Juga:  Kuda Lumping di Kubu

Jika semua dilakukan di dalam rumah, tentu saja tidak bisa begini. Di tepian sungai kehangatan hubungan sosial tetap terjalin, setelah seharian sibuk dengan aktivitas masing-masing. Tak perlu waktu khusus untuk berkumpul dan berbagi cerita. Sungai masih bisa menjadi penjaga hubungan bertetangga.

Sepanjang sungai yang mengalir, sepajang itu juga silaturahim mereka tetap terjalin. Sedingin air sungai Kubu, semoga warga Kubu tetap bisa menyelesaikan apapun persoalan dengan hati dan pikiran yang dingin. Semoga saja begitu. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Ambaryani

Ambaryani, Pranata Humas, staf Kemasyarakatan (Kemasy) Kecamatan Kubu. Menyukai dunia kepenulisan, dan telah menulis beberapa buku fiksi dan true story, sebagai penulis bersama. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Aktif di Lembaga Pers Mahasiswa dan Club Menulis STAIN Pontianak, serta pernah magang di Harian Borneo Tribune Pontianak.

Check Also

Talkshow sedanf berlangsung di panggung Kampoeng English Poernama, Bina Antarbudya Chapter Pontianak, Sabtu 14/7/2018 malam. Foto Dwi Syafriyanti

KEP Talkshow Hadirkan Nuansa Baru Inspirasi Generasi Muda

teraju.id, Poernama¬†¬†– Kampoeng English Poernama (KEP) Talkshow yang diselenggarakan pada Sabtu, 14/7/18 malam menghadirkan nuansa …