in

Tips Dan Trik Adaptasi Belajar Online

WhatsApp Image 2020 04 25 at 11.17.42
Canva.com / Ilustrasi meja belajar Editor : Uci Cahyati

Oleh : Uci Cahyati

Seperti yang kita ketahui semenjak diberlakukanya anjuran menjaga jarak sosial, beberapa Perguruan Tinggi hingga Pendidikan Usia Dini (PAUD) diliburkan sementara. Namun istilah diliburkan di sini bukan berarti peserta didik tidak belajar selama di rumah, akan tetapi mereka harus tetap belajar dan berjuang mencari ilmu dengan sistemjarak jauh yaitu menggunakan metode daring dengan para dosen maupun gurunya masing-masing.

Aktifitas belajar di rumah bagi para siswa dengan mengoptimalkan dunia digital di tengah pandemi COVID-19 memang sebuah keniscayaan. Fenomena ini seolah memaksa dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan dunia digital. Sistem tersebut mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung menjadi lebih mudah, cepat dan berkelanjutan tanpa sekat batas waktu dan ruang. Akan tetapi, tidak semua siswa mampu memahami kegiatan pembelajaran secara online dengan efektif dan efesien.

Nah mengatasi permasalahan tersebut, kita ada tips dan trik adaptasi belajar online supaya pembelajaran tetap menyenangkan dan efektif.

1. Ciptakan Nuansa Belajar Yang Tenang Dan Kamu Sukai

Sebelum memulai pembelajaran, kamu bisa melakukan aktivitas yang membuatmu tenang dan senang. Seperti, bermain game maupun mendengarkan musik.

2. Persiapkan Alat-Alat Yang Dibutuhkan Untuk Belajar

Siapkan alat-alat dan media yang mendukung proses kegiatan belajarmu. Seperti, alat tulis dan buku pembelajaran. Jangan sampai alat dan bahan yang telah kamu siapkan tidak kamu perhatikan terlebih dahulu, sehingga bisa mengganggumu saat belajar.

3. Atur Waktu Belajar Dengan Teratur

Biasanya siswa maupun mahasiswa selalu menunda waktu belajarnya dengan mengerjakan tugas di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Itu salah besar. Kegiatan tersebut justru membuatmu tidak begitu memahami materi dan menambah beban otak untuk memaksakan memahami dengan cepat. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa maupun mahasiswa agar proses belajar menjadi efektif dan efesien.

4. Belajar Dengan Serius

Selama melakukan pembelajaran dalam jaringan, banyak sekali distraksi yang menggangu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton, mengakses media sosial, hingga membaca konten berita secara implusif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya. Oleh sebab itu, penting untuk siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memunginkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

5. Buat Sesi Belajar Menjadi Menyenangkan

Jika salah satu bahan belajar membosankan, kamu bisa buat permainan flashcard (kartu bertuliskan informasi-informasi) bersama teman-temanmu melalui aplikasi belajar maupun media sosial yang ada. Bahkan kamu juga bisa membuat lagu untuk membantu mengingat konsep sulit atau daftar informasi yang harus kamu hafalkan. Bersama teman-teman, kamu bisa bertukar pikiran dan tentunya menyenangkan hingga tidak akan membuatmu merasa cepat bosan.

Sari Oktaviani Saray (16), siswa MAN 1 Pontianak ini mengklaim bahwa menggunakan metode kuis dalam pembelajaran dapat mengingat informasi dengan cepat dan juga terhibur meski saat belajar. “Belajar dengan menggunakan metode kuis cepat menangkap dan mengingat informasi yang telah didapatkan, kita juga akan terhibur karena belajar sambil bermain akan membuat otak lebih rileks dan santai,” tulisnya saat diwawancarai via online.

Begitupun dengan Rahmani yang juga pegiat belajar menyatakan bahwa ia lebih suka menciptakan nuansa tenang untuk proses belajarnya agar efektif. “Menciptakan nuansa yang tenang karena melalui kegiatan tersebut baru bisa belajar dengan nyaman dan rileks, yang mana membuat terbawa suasana seperti berlibur dengan sejuta pengetahuan,” jelas Mahasiswi IKIP PGRI Pontianak INI

Itulah berbagai tips dan trik yang dapat membantu terbiasa untuk melakukan pembelajaran dalam jaringan (online) dengan efektif dan menyenangkan. Sekarang, kamu bisa langsung mempraktikannya kapanpun dan dimanapun bersama teman-temanmu. #staysafe #stayathome.

Written by teraju.id

pic1

7 Rekomendasi Konsumsi Sehat Saat Berbuka Puasa

leo

Di Puskesmas PTT